Rekomendasi

Serius Tangani Korona, Presiden Jokowi Bentuk Tim Cepat Tangani Covid-19

Jumat, 13 Maret 2020 : 19.56
Published by Hariankota
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan telah membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk menangani penyebaran virus korona atau Covid-19. Tim tersebut dipimpin oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo. 

"Telah saya sampaikan Tim Reaksi Cepat telah dibentuk dan dikomandani oleh kepala BNPB dan disiapkan di rumah sakit tipe A," kata Jokowi saat jumpa pers di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (13/3/2020).

TRC, kata Jokowi, juga akan melakukan pengawasan di 135 pintu masuk menuju Indonesia, baik di jalur darat, laut dan udara. Ia juga memastikan protokol kesehatan di semua pintu masuk terus dijalankan.

"Kemudian mitigasi kondisi tengah disiapkan dengan cepat dan sebaik-baiknya," jelasnya.

"Rumah sakit rujukan juga disampaikan oleh Menkes ada 132 rumah sakit, sebelumnya 100, lalu 132 kemudian kita tambah lagi 109 rumah sakit TNI, 53 lagi rumah sakit Polri, dan 65 rumah sakit BUMN," imbuh Jokowi.

Selain itu, TRC juga terlibat dalam melakukan contact tracing dari pasien yang positif virus korona atau Covid-19. Tim ini diperkuat oleh jajaran Badan Intelijen Negara (BIN) dan intelijen Polri.

Reporter: Gatot Pujo Nugroho
Penulis: Gatot Pujo Nugroho
Editor: Jumali

Share this Article :