Rekomendasi

Cegah Penyebaran Corona di Lapas, 56 WBP Pemuda Tangerang Dibebaskan

Sabtu, 04 April 2020 : 22.35
Published by Hariankota
TANGERANG - Sebanyak 56 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Pemuda Tangerang dibebaskan. Hal itu dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Pembebasan narapidana itu berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM nomor 10/2020, serta Keputusan Menteri Hukum dan HAM nomor M.HH-19.PK.01.04.04 Tahun 2020.

“Alhamdulillah 56 warga binaan kami langsung dibebaskan hari ini. Semoga bisa kembali kepada keluarganya masing-masing, dan terus ikut bergerak membantu negara dalam pencegahan dan penanggulangan pandemi Covid-19,” kata Kepala Lapas Pemuda Tangerang Supriyanto dalam rilis resminya, Sabtu (4/4/2020).

Selain membebaskan WBP, Supriyanto mengklaim pihaknya juga terus bergerak dalam rangka mencegah dan menanggulangi Covid-19.

"Berbagai upaya seperti pembatasan kunjungan fisik dan menggantinya dengan kunjungan online lewat video call, sosialisasi, penyediaan sarana cuci tangan dan hand sanitizer, telah dilaksanakan," tambahnya.

Lebih lanjut, pihaknya turut melakukan penyemprotan dan penyediaan bilik disinfektan, pengukuran suhu tubuh, baik petugas maupun WBP, peniadaan sementara kegiatan pembinaan, baik internal maupun yang melibatkan pihak eksternal.

Selain menyediakan lokasi pemeriksaan, Supriyanto mengatakan, dirinya membentuk Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Covid-19, guna menerima dan memeriksa informasi mengenai penyebaran virus ini di lingkungan Lapas Pemuda Tangerang.

“Kesemuanya perlu kami lakukan dalam rangka meminimalisir risiko penyebaran Covid-19 di Lapas Pemuda Tangerang. Karena kesehatan merupakan nikmat yang paling utama dari Allah SWT. dan sudah kewajiban kita sebagai Petugas Pemasyarakatan untuk menjaga kesehatan diri dan terutama, kesehatan para WBP,” pungkasnya.


Reporter: Arie Kristianto
Penulis: Arie Kristianto
Editor: Mahardika

Share this Article :