Rekomendasi

Dampak Pandemi Covid-19, Jumlah Karyawan Di PHK Terus Bertambah

Rabu, 29 April 2020 : 22.30
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Jumlah karyawan perusahaan, yang dilakukan Pemutusan Hubungan Kerja  (PHK) maupun yang dirumahkan, terus bertambah, akibat dampak wabah virus corona (Covid-19).

Sampai saat ini, sebanyak  210 karyawan di PHK, padahall sebelumnya hanya 180 orang dan 4.449 karyawan  dirumahkan .

Pelaksana tugas (Plt) Kepala  Dinas Perdagangan Tenaga Kerja dan Koperasi (Disdagnakerkop) UKM Karanganyar, Martadi, kepada hariankota.com serta awak media lain, Rabu (29/04/2020).m

 ada sekitar 15 perusahaan yang telah melaporkan  jumlah karyawannya  yang di-PHK  serta  dirumahkan kepada instansi yang dipimpinnya. 

“ Baru 15 perusahaan yang melapor. Perusahaan lain, sampai saat ini, masih ada yang belum melaporkan,” ujarnya.

Bagi karyawan yang di PHK, Martadi meminta agar segera mendaftarkan diri untuk memperoleh  kartu pra kerja secara mandiri. Data yang telah terdaftar tersebut, selanjutnya, menurut Martadi, akan diteruskan kepada pemerintah pusat untuk memperoleh kartu pra kerja.

“ Sebelumnya kita telah membuka  pendaftaran kartu pra kerja  gelombang pertama, dengan mendirikan posko. Setelah pendaftaran gelombang pertama ditutup,  para karyawan kami arahkan  mendaftar untuk memperoleh kartu pra kerja  secara mandiri,” terangnya.

Ditambahkannya,  Disdagnakerkop UKM hanya sebatas memfasilitasi dan membantu para karyawan yang mengalami kesulitanpada  saat melakukan  pendaftaran.

“ Kami hanya memfasilitasi. Data pendaftaran untuk memperoleh kartu pra kerja tersebut, akan kami kirim ke pusat. Karena memang, kewenangan sepenuhnya ada di pemerintah pusat,” tandasnya.

Reporter: Iwan Iswanda
Penulis: Iwan Iswanda
Editor: Gunadi


Share this Article :