Rekomendasi

DPRD Karanganyar Desak Percepatan Anggaran Penanggulangan Corona

Kamis, 09 April 2020 : 19.18
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  mendesak pemerintah kabupaten (Pemkab) Karanganyar segera menuntaskan proses pengalokasian anggaran yang akan digunakan untuk penanggulangan wabah virus corona (Covid-19). Sampai saat ini, pergeseran anggaran serta peruntukannya juga belum disampaikan kepada DPRD setempat.

Wakil ketua DPRD Karanaganyar, Rohadi Widodo, kepada hariankota.com, menjelaskan, samppai pertemuan terakhir beberapa waktu lalu dengan tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) persoalan anggaran untuk penanganan Covid-19 ini, belum juga tuntas.

Pergeseran anggaran,ungkap Rohadi, juga belum disampaikan kepada DPRD Karanganyar. Menurut Rohadi, hanya BPBD yang telah mengalokasikan anggaran dan telah menyampaikan kepada DPRD, senilai Rp1,5 miliar. Sedangkan untuk DKK dan RSUD belum menyampaikan meskipun telah membuat rencana pengalihan anggaran.

“Sampai pertemuan kedua dengan TPAD, anggaran belum tuntas. Kami juga belum menerima pemberitahuan pergeseran anggaran itu. Pergeseran dari mana dan untuk apa, juga belum disampaikan,termasuk nilai pasti anggaran yang dibutuhkan untuk penanggulangan Covid-19,” ujar Rohadi Widodo, Kamis (09/04/2020).
         
Ditegaskannya, DPRD telah berupaya mendesak agar segera dialokasikan, sehingga berbagai kebutuhan penanganan Covid-19, segera terpenuhi. Rohadi mencontohka, pengadaan APD dan masker bagi tenaga medis yang ada di Puskesmas, klinik dan RSUD.

“Kita berupaya mendesak untuk selesaiakn persoalan anggaran ini. Jika bellum selesai, bagaiaman mau mengatasi dan menanggulangi Covid-19,” tukasnya.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi, Sekertaris daerah (Sekda), Sutarno menyatakan  Karanganyar, Sutarno, ketka dikonfirmasi, telah menganggarkan sebesar Rp14 miliar untuk penanggulangan Covid-19, yang berasal dari belanja tak terduga.

"Semua sudah mas.dalam pertemuan dengan DPRD, kita sudah jelaskan, termasuk langkah-langkah penanggulangan Covid-19 di Karanganyar.Kita tetap sosialisasi kepada masyarakat, kerja tim ditingkatkan. Mengenai persediaan APD, Dinas kesehatan belum menyampaikan keluhan. APD bisa diatasi, yang kurang hanya masker medis," jelas Sutarno.

Reporter: Iwan Iswanda
Penulis: Iwan Iswanda
Editor: Mahardika


Share this Article :