Rekomendasi

Harga Gula Pasir Melonjak, Disdagkop Sukoharjo Operasi Pasar Hingga ke Desa

Minggu, 26 April 2020 : 21.30
Published by Hariankota

SUKOHARJO - Diawal Ramadhan ditengah pandemi Covid-19, harga gula pasir di Kota Makmur mengalami kenaikan cukup signifikan hingga menyentuh angka Rp 17.000 /kilogram (kg).

Oleh Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Disdagkop dan UKM) Sukoharjo, kenaikan itu langsung direspon dengan menggelar pasar murah hingga ke desa-desa.

“Dengan operasi pasar ini kami harapkan harga gula pasir kembali stabil dan tidak terus naik. Gula pasir kami jual dengan harga Rp 12.500 /kg,” terang Kepala Disdagkop dan UKM Sukoharjo, Sutarmo kepada hariankota.com, Minggu (26/4/2020).

Menurutnya, pemicu kenaikan harga gula pasir diawal bulan puasa ini bukan karena wabah Covid-19. Namun, disebabkan oleh volume pasokan yang semakin menipis.

"Kenaikan harga gula pasir tidak hanya terjadi di Sukoharjo saja, tapi ini juga terjadi di sejumlah kabupaten/kota lainnya," tuturnya.

Diluar melambungnya harga gula pasir, stok bahan pokok pangan lainnya disebutkan Sutramo, masih aman. Dari sisi harga juga stabil dan belum ada kenaikan diluar batas kewajaran.

Termasuk ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan stok gas melon (elpiji 3 kg) untuk konsumsi rumah tangga, juga dinyatakan masih sangat mencukupi.

"Tidak ada laporan maupun temuan kelangkaan barang tertentu. Petugas kami secara rutin dan akan semakin intensif melakukan pemantauan menjelang Lebaran nanti," pungkasnya.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Rahayuwati


Share this Article :