Rekomendasi

Himbauan Kemenag,Ibadah Selama Ramadan Dilakukan Di Rumah

Senin, 20 April 2020 : 18.57
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Karanganyar, menghimbau kepada seluruh ummat Islam di bumi Intanpari, melaksanakan ibadah selama bulan suci Ramadan di rumah. Himbauan ini, untuk mengantisipasi dan pencegahan pandemik virus corona (Covid-19) di masyarakat.

Hal tersebt dinnyatakan Kapala Kemenag Karanganayar, Wiharso, kepada haraiankota.com, usai mengikuti rapat persiapan bulan Ramadan bersama seluruh Ormas Islam yang berlangsung di ruang Anthurium  rumah dinas bupati, Senin (20/04/2020).

 Menurut Wiharso, dalam surat edaran (SE) Menteri Agama No 6 Tahun 2020 disebutkan, selama ini, rangkaian pelaksanaan ibadah bulan Ramadan dan Salat Idul Fitri dilakukan dalam kumpulan orang banyak. Hanya saja, Wiharso menjelaskan,karena saat ini sedang terjadi pandemik Covid-19, seluruh rangkaian ibadah Ramadan dilakukan dirumah masing-masing, untuk mengantisipasi dan pencegahan Covid-19.

“ Untuk tahun ini, ibadah selama Ramadan, seperti salat tarawih, tadarus dilakukan di rumah.  Buka puasa bersama yang juga lazim dilakukan selama Ramadan ini, juga ditiadakan,” jelas Wiharso.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, bupati Karanganyar, Juliyatmono menambahkan, himbauan untuk melaksanakan ibadah selama bulan puasa ini, akan ditindklanjuti dengan menerbitkan surat edaran bupati.

“ Himbauan agar beribadah di rumah, selain untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, juga mengandung makna, agar kita semua dapat memperkuat lembaga ndan memberikan pendidikan agama yang baik bagi  keluarga,” terang bupati.

Bupati menambahkan, pada malam bulan Ramadan, seluruh aktifitas juga harus dihentikan, termasuk operasional toko modern. Jika tetap berjualan, maka akan memancing kerumunan massa.

“ Pada malam hari, seluruh aktivitas harus dihentikan, termasuk pusat perbelanjaan. Bagi warga yang berjualan menu berbuka puasa, cukup di rumah dimana mereka tinggal, tidak harus di pinggir jalan,” tandasnya.

Jurnalis : Iwan Iswanda
Editor : Mahardika

Share this Article :