Rekomendasi

Kasihan, Objek Wisata Grojogan Sewu Tutup Dampak Pandemi Covid-19 Makanan Kera Berkurang

Minggu, 05 April 2020 : 15.57
Published by Hariankota

KARANGANYAR - Sejak mewabahnya virus corona (Covid-19), seluruh sector mulai terdampak.

Salah satunya adalah sektor pariwisata. Seperti lokasi wisata Grojogan Sewu, yang berada di Kecamatan Tawangmangu ini. Lebih dari tiga minggu, salah satu objek wisata alam ini tutup. 

Kondisi ini memaksa para pedagang, yang berada di sekitar lokasi,mulai dari pedagang buah-buahan dan souvenir  juga harus tutup.

Terhentinya kegiatan usaha para pedagang ini, juga berakibat kepada kehidupan ratusan kera yang berada di sekitar lokasi air terjun Grojogan Sewu. Selama ini, hewan liar ini mendapat makanan dari para pengunjung yang datang, serta para pedagang buah.

“ Sejak dilakukan penutupan, kera yang ada disekitar Gorjogan Sewu, mulai kelaparan. Kera liar ini biasanya mendapat makanan dari engunjung. Sejak ditutup,kera yang berjumlah ratusan ini, mulai kekurangan  makanan. Untuk mengantisipasi agar kera tidak masuk ke pemukiman warga, para relawan member makan secara rutin kepada hewan ini,” terang Rusdianto, Camat Tawangmagu, kepada hariankota.com, melalui telepon selularnya, Minggu (05/04/2020).

Menurut Rusdianto, kera ini diberikan makanan berupa sayur dan buah dan dibawa ke pintu 1 Grojogan Sewu. Di pintu 1 ini, ujarnya, para kera biasanya berkumpul. 

Di lokasi ini, lanjutnya, sekawanan kera dapat menikmati makanan dari para relawan.

“ Sayur dan aneka buah-buahan yang diberikan kepada kera tersebut, berasal dari pemberian para pedagang di pasar Tawangmangu,  dan penjual buah. Sayur dan buah yang tidak layak jual, dikumpulkan oleh relawan . Setelah terkumpul langsung diberikan kepada kera ,” ujarnya.

 Sementara itu, Suwanto, penjaga loket lkasi wisata Grojogan Sewu, mengungkapkan, ada sekitar 200  kera, dan kera-kera ini selalu bergerombol. Sebelum Gorogan Sewu ditutup, kera ini diberi makan oleh pengelola wisata  sereta para pengunjung dan pedagang.

“ sejak ditutup, tetap diberi makan, tapi seadanya,” tandasnya.

Reporter: Iwan Iswanda
Penulis: Iwan Iswanda
Editor: Jumali

Share this Article :