Rekomendasi

Kesundul Muatan Truk Trailer, Jembatan Penyeberangan Kartasura Ambrol

Jumat, 03 April 2020 : 08.48
Published by Hariankota

SUKOHARJO -  Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) diatas jalan Ahmad Yani, tepatnya di depan Pasar Kartasura, Sukoharjo ambrol setelah tersangkut muatan gulungan kertas sebuah truk trailer, Kamis (2/4/2020) malam sekira pukul 21.00 WIB.

Kecelakaan yang diduga akibat kenekatan pengemudi truk melintas dibawah jembatan tanpa memperhitungkan ketinggian muatan ini menbuat separo rangka jembatan runtuh hingga menyebabkan ruas jalan tersebut harus ditutup.

Kapolsek Kartasura, Polres Sukoharjo AKP Dani Permana Putra saat ditemui hariankota.com dilokasi menuturkan, truk trailer nopol L 8031 UH melaju dari arah Barat (Solo) ke arah Timur (Semarang - Jogya) membawa muatan puluhan gulungan kertas dengan bobot total sekira 40 ton.

"Truk dikemudikan saudara WT (52) warga Malang dengan seorang kernet. Berangkat dari Surabaya dengan tujuan sebuah perusahan atau PT di Kartasura sini," terang Kapolsek.

Beruntung saat kejadian ditengah pemberlakukan jam malam antisipasi penyebaran virus korona (Covid-19) ini, kondisi arus lalu lintas sedang sepi,  sehingga ambrolnya sebagian kontruksi jembatan tidak membawa dampak jatuhnya korban.

"Yang ambrol sebagian sisi selatan kontruksi jembatan. Untuk korban jiwa nihil," terang Dani.

Akibat kejadian, sedikitnya 7 bal gulungan kertas dengan berat total  sekira 3,5 ton muatan truk yang berada pada susunan paling atas, jatuh berserakan di jalan akibat membentur besi gelagar kontruksi JPO milik Bina Marga Provinsi Jawa Tengah ini.

Banyaknya warga yang berdatangan ingin melihat kejadian membuat petugas terpaksa harus mengambil langkah tegas mengusir pergi untuk menghindari kerumunan.

"Kami mengingatkan warga, saat ini situasinya sedang ada pemberlakuan physical distancing mencegah penyebaran Covid-19.  Jangan sampai karena kejadian ini justru terjadi penularan virus," imbuh Dani.

Untuk memulihkan kondisi arus lalu lintas agar kembali normal, upaya evakuasi kontruksi jembatan langsung dilakukan dengan mendatangkan alat berat dibantu puluhan relawan dan berbagai unsur terkait, PLN, BPBD Sukoharjo, dan Dishub Sukoharjo.

"Ini kami mendatangkan ahli kontruksi untuk membongkar JPO agar tak membahayakan, dan kami upayakan, pukul 04.00 WIB nanti,  jalan sudah bisa dilalui kendaraan. Untuk sopir dan kernet sudah kami amankan," pungkasnya.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi


Share this Article :