Rekomendasi

Lockdown, Puluhan Calon TKI Karanganyar Gagal Berangkat

Jumat, 03 April 2020 : 16.18
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Sebanyak 74 calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI), gagal berangkat ke luar negeri .

Gagalnya calon TKI ini lebih disebabkan kebijakan lockdown negara tujuan  yang melarang keluar masuk warga di zona yurisdiksi masing-masing negara.

Hal tersebut dikatakan kepala seksi (Kasi) penempatan kerja dan trannsmigrasi, Sri Suryatin, kepada hariankota.com serta awak media lain, Jumat (03/04/2020). 

Menurut Sri Suryatin, seharusnya para calon TKI ini beragkat pada bulan Maaret 2020 lalu. Namun karena mewabahnya Covid-19 di hampir seluruh dunia, dilakukan penundaan.

Penundaan keberangkatan para calon TKI ini dilakukan, ujar Sri Suryatin,  hingga batas waktu yang belum ditentukan.

“ Berbagai persiapan sudah dilakukan. Namun karea wabah Covid-19, calon TKI ini gagal berangkat. Dan untuk semeentara, kita juga tidak melakukan perekrutan calon TKI,” ujarnya.

Disisi lain, sampai saat ini, sebanyak 92 orang TKI yang berasal dari sejumlah negara telah kembali ke kampung halamannya di Karanganyar. 

Para TKI ini pulang secara bergelombang sejak awal Jauari 2020 hingga 2 April 2020.
Para TKI ini bekerja di sektor  formal dan nonformal di beberapa negara seperti Jepang, Korea, Taiwan, Malaysia, Arab Saudi, serta sejumlah negara lain. Sampai saat ini, 1.000 lebih warga Karanganyar menjadi TKI di luar negeri.

Data kepulangan TKI akan disinkronisasi ke kantor imigrasi. Data itu juga diserahkan ke Dinas Kesehatan agar  ditindaklanjuti.

“  Data kepulangan TKI tersebut telah diserahkan ke Dinas Kesehatan untuk ditindaklanjuti,” tandasnya.

Reporter: Iwan Iswanda
Penulis: Iwan Iswanda
Editor: Gunadi


Share this Article :