Rekomendasi

Meski Dilarang, Sejumlah Pedagang Masih Berjualan

Sabtu, 25 April 2020 : 23.30
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Pemerintah kabupaten  (Pemkab) Karanganyar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan UMKM,  mengelaurakan surat edaran, agar selama bulan Ramadhan, para pedagang tidak melakukan aktifiats jual beli berbuka puasa  yang berpotensi menimbulkan kerumunan massa.

Surat edaran ini, merupakan salah satu upaya untuk memutus mata rantai virus corona (Covid-19) di wilayah Karanganyar. Namun, masih ada sejumlah pedagang yang menggelar dagangannya, terutama di seputar taman Pancasila dan jalan Lawu ke Barat.

Pelaksana tugas (Plt) Dinas Satpol PP Karanganyar, Yopi Eko Jati Wibowo, ketika dihubungi hariankota.com serta awak media lain, Sabtu (25/04/2020) menyatakan,  hasil operasi yang dilakukan pada hari pertama bulan Ramadhan, masih ditemukan  beberapa yang berjualan dipinggir jalan.

 Para pedagang ini, menurut Yopi, menawarkan  menu untuk berbuka puasa, bagi para pengguna jalan. Sedangkan untuk toko modern, Yopi menuturkan, telah mematuhi surat edaran yang berisi penutupan tempat usaha mereka pada pukl 21.00 Wib.

“ Operasi hari pertama dan kedua, kita masih persuasif sambil menyampaikan surat dari Disperindag yang berisi larangan berjualan. Kita juga menghimbau agar para pedagang berjualan di rumah. Sedangkan untuk toko modern, telah mematuhi  surat edaran dan menutup usahanya jam sembilan malam,” ujarnya, Sabtu (25/04/2020).

Penerapan yang sama  juga dilakukan di seluruh kecamatan. Para Satpol PP yang berada di kecamatan, juga melakukan patroli terhadap warga yang masih berjualan.

“ Satpol PP yang di Kecamatan juga  patroli. Ini demi keselamatan bersama. Ke depan, jika surat edaran ini tetap tidak diindahkan, kita akan mengambil tindakan, berupa penutupan paksa,” tandasnya.
Ditambahkannya, untuk penutupan jalan utama yang telah berlangsung lebih dari tiga pekan,  aktifitas warga sudah  sangat berkurang,  walau masih ada yang membandel.

“ Kegiatan masyarakat mulai berkurang sejak penutupan jalan Lawu  pada malam hari.memang masih ada yang berkeliaran, terutama anak-anak. Kami  mempertanyakan pengawasan orang tua terhadap anak-anak yang masih saja keluar rumah,” pungkasnya.

Reporter: Iwan Iswanda
Penulis: Iwan Iswanda
Editor: Kadek Arya Wiguna


Share this Article :