Rekomendasi

Pandemi Covid-19, Pemkab Karanganyar Bagikan 500 Nasi Kotak Gratis Setiap Hari

Kamis, 02 April 2020 : 18.18
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Pemerintah kabupaten (Pemkab)  Karanganayar, menyediakan sebanyak 500 nasi kotak  setiap hari selama 10 hari ke depan, mulai Kamis (02/04/2020). 

Ratusan nasi kotak ini,  disediakan kepada masyarakat, terutama kepada para ojek online (ojol),  tukang becak, pemulung  serta warga lain yang membutuhkan. Nasi bungkus ini   dapat diambil di depan rumah dinas bupati, mulai jam 11.00 setiap harinya.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, kepada hariankota.com serta awak media lain, Kamis (02/04/2020) menyatakan, siapapun boleh mengambil , terutama para ojol yang selama ini banyak membantu masyarakat.

Menurut bupati, pembagian nasi kotak gratis tersebut  berawal  saat mewabahnya Covid-19, dimana penghasilan para Ojol dan tukang becak mengalami penurunan yang cukup tajam. 

Pasalnya, jelas bupati, karena khawatir terpapar Covid-19, warga enggan keluar rumah dan berdampak penhasilan Ojol dan tukang becak mengalami penurunan.

“ Silahkan diambil. Maksimal dua koak lah. Untuk dimakan sendiri dan untuk keluarga di rumah. Dalam kondisi wabah Covid-19 ini, mungkin bisa membantu untuk makan siang, terutama bagi para Ojol yang selalu beroperasi membantu masyarakat, para tukang becak serta pemulung yang memiliki penghasilan pas-pasan,” kata bupati, Kamis (02/04/2020).

Ratusan kotak yang dibagikan secara gratis ini, lanjut bupati, berasal dari para warung nasi yang terkena dampak akibat Covid-19.
“ Sejak wabah Covid-19, banyak warung makan yang sepi pembeli. Agar roda ekonomi mereka tetap bergerak, kita pesan nasi kotak ini dari mereka secara bergantian,” terangnya.

Kepada pemilik warung, bupati meminta agar megirimkan alamat mereka, agar para ojek online, seperti gojek food, grab food, dapat melayani dan mengantar pesananan makanan secara online.

Disisi lain, Kapolres Karanganyar, AKBP Leganek Mawardi, dalam kesempatan yang sama, mengungkapkan, sejak ditutupnya jalan utama pada malam hari, berdampak positif. Sejak penutupan jalan tersebut, tidak terlihat lagi warga yang berkerumun di satutitk pada malam hari.

“ Alhamdulillah penutupan jalan utama ini berdampak positif. Nanti akan kita kaji ulang, apakah penutupan jalan akan diperluas atau tidak. Jika memang memungkkinkan, akan kita lakukan penutupan, sesuai dengan kebutuhan,” tegas Kapolres.

Reporter: Iwan Iswanda
Penulis: Iwan Iswanda
Editor: Gunadi



Share this Article :