Rekomendasi

Pemkot Tangsel Habiskan 100 Miliar Untuk Penanganan Corona, Ini Penjelasannya

Kamis, 09 April 2020 : 23.30
Published by Hariankota
TANGSEL - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) telah menggelontorkan Rp.100 miliar untuk penanganan Covid-19 dan persiapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Dikatakan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany bahwa anggaran tersebut didapat dari pergeseran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020, yang dialirkan untuk Bidang Kesehatan, Bidang Keamanan dan Pendistribusian Logistik, dan persiapan PSBB.

"Anggaran (APBD) sudah kita lakukan pergeseran. Bukan hanya persoalan PSBB ya, sampai dengan hari ini kurang lebih sekitar Rp.100 Miliyar lebih. PSBB termasuk, yaitu (aliran dananya) untuk dalam hal ada 3 indikator yang harus dilakukan,"  kata Airin kepada wartawan, Kamis (9/4/2020).

"Pertama dibidang kesehatan, yang kedua untuk jaring pengaman sosial, yang ketiga untuk kemanan, distribusi barang, dan yang lainnya," tambahnya.

Airin melanjutkan, anggaran Rp 100 Milyar masih ada kemungkinan bertambah, mengingat bantuan anggaran dari Provinsi Banten dan Pemerintah Pusat belum turun.

"Masih terus bergerak, sekarang sudah diatas Rp 100 Milyar, itu anggaran APBD Tangsel, diluar dari bantuan yang pak Presiden lakukan, saya (juga) belum tahu Banten mau ngasih berapa," lanjutnya.

Seperti diketahui, Pemkot Tangsel akan segera menyurati Kementerian Kesehatan Republik Indonesia permohonan penerapan PSBB di Kota Tangsel.

Airin mengungkapkan, keputusan itu dilakukan setelah dirinya melakukan koordinasi dengan Gubernur Banten, Gubernur DKI Jakarta, serta perwakilan dari Jawa Barat.

"Pak Gubernur menyarankan agar kami masing-masing untuk menyampaikan surat PSBB ke Menteri Kesehatan. Hasil tadi pagi saya rapat dengan OPD, dengan saran yang disampaikan oleh pak Gubernur dan juga data yang kita butuhkan untuk menyampaikan PSBB ini sudah ada," tandasnya.


Reporter: Arie Kristianto
Penulis: Arie Kristianto
Editor: Gunadi



Share this Article :