Rekomendasi

Putus Rantai Penularan Covid-19, PN Sukoharjo Gelar Sidang Pidana Dengan Telekonferensi

Rabu, 01 April 2020 : 17.06
Published by Hariankota

SUKOHARJO- Di tengah wabah virus korona (COVID-19) pelaksanaan persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Sukoharjo dilakukan secara online atau telekonferensi. Hal itu dilakukan untuk memutus rantai penularan virus.

Ketua PN Sukoharjo Udjianti mengatakan, penerapan sidang telekonferensi khusus perkara pidana sesuai ketentuan dalam Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) Nomor 1 Tahun 2020 serta surat dari Kementerian Hukum dan HAM.

"Diterapkan mulai hari Selasa tanggal 31 Maret 2020 kemarin," kata Udjianti saat dihubungi hariankota.com dan awak media lain, Rabu (1/4/2020).

Dengan diterapkannya model peradilan tersebut, maka PN Sukoharjo tidak lagi dipenuhi pengunjung. Selain itu juga tidak ada kehadiran jaksa, saksi, kuasa hukum dan terdakwa.

"Terdakwa dan kuasa hukum berada di rumah tahanan (rutan) Surakarta, sedangkan jaksa dan saksi berada di Kejari Sukoharjo, sementara hakim berada di ruang sidang PN Sukoharjo," terangnya.

Mereka terhubung secara online satu sama lain melalui telekonferensi. Hanya saja diakui Udjianti pada prakteknya masih terdapat beberapa kendala seperti konektivitas jaringan dan nada suara yang kurang jelas.

"Sidangnya tetap seperti biasanya tetapi tempatnya hanya berjauhan, dan terbuka untuk umum namun dibatasi jumlah pengunjung yang bisa masuk ke ruangan sidang hanya tiga orang," ujarnya.

Dipilihnya kasus pidana yang disidangkan dengan telekonferensi, menurut Udjianti karena ada batasan waktu sehingga kalau ditunda akan melanggar waktu penahanan dan melanggar hak asasi manusia.

"Jadi, kami tidak bisa untuk menunda persidangan (pidana), kalau perdata kami masih bisa menunda agak lama, sekira dua minggu," terangnya.

Saat ini, PN Sukoharjo baru bisa menyiapkan satu ruangan sidang telekonferensi dengan jadwal sidang setelah di koordinasikan dengan rutan klas I Surakarta, Selasa, Rabu, dan Kamis.

"Namun begitu kami berusaha menyediakan ruangan tambahan agar pelayanan tidak terlalu lama menunggu. Selain itu rutan Surakarta bukan hanya melayani PN Sukoharjo saja, tetapi juga PN Karanganyar dan PN Surakarta," pungkasnya.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi


Share this Article :