Rekomendasi

Viral, Beredar Kabar Seorang PDP Negatif Covid-19 Diusir Warga Kampung

Jumat, 10 April 2020 : 18.56
Published by Hariankota

SUKOHARJO - Ditengah banyaknya kampung melakukan isolasi mandiri mencegah penularan virus korona (Covid-19), tersiar kabar ada sebuah kampung di Solo Baru, Grogol, Sukoharjo menolak kembalinya seorang warga kos setelah dinyatakan oleh RSUD dr Moewardi Solo tempat ia dirawat sebagai PDP, negatif virus.

Oleh Camat Grogol, Sukoharjo Bagas Windaryatno kabar pengusiran tersebut langsung diklarifikasi agar tidak menimbulkan kegaduhan di masyarakat, terutama bagi warga yang tinggal di sekitar tempat kos tersebut.

"Jadi begini ceritanya, saat dinyatakan positif (Covid-19), Pak H ini kan kos di sebuah rumah di kawasan Solo Baru. Dia aslinya penduduk Purwokerto," kata Bagas mengawali penjelasannya kepada hariankota.com dan awak media lain, Jum'at (10/4/2020).

Setelah mengetahui ada seorang penghuni kos diwilayahnya dinyatakan positif korona, warga kemudian berembuk untuk kemudian melakukan upaya pencegahan penyebaran virus dilingkungannya.

"Sesuai dengan arahan (kesepakatan), penghuni kos dilingkungan itu kemudian diisolasi. Selama pelaksanaan isolasi, warga menyambut baik dengan pendekatan persuasif kepada seluruh penghuni kos," tuturnya.

Persoalan muncul ketika H yang sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19 akan kembali ketempat kosnya. Oleh pemilik rumah kos ia diminta untuk sementara waktu mengisolasi diri pulang ke kampung halamannya di Purwokerto.

"Jadi kalau istilahnya penolakan itu tidak ada. Sampai saat ini, warga disana nyaman - nyaman saja, termasuk penghuni kos yang lain juga tidak mempersoalkan," ujarnya.

Seperti diketahui, H yang bekerja pada sebuah perusahaan leasing ini sempat curhat kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melalui medsos pasca menjalani perawatan di rumah sakit lantaran positif tertular Covid-19.

Melalui akun medsos pribadinya, H pada Kamis (9/4/2020) mengaku bahwa ia telah diusir oleh pemilik kos yang khawatir tertular virus korona. Padahal oleh pihak rumah sakit ia sudah dinyatakan negatif Covid-19 dan boleh pulang.

"Saya pulang ke Purwokerto, saya sudah ditundung (diusir-Red) Pak kos saya pak," tulis H di akun medsosnya.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi


Share this Article :