Rekomendasi

Waspada Ancaman Kejahatan Ditengah Covid-19, Pengawasan Eks Napi Diperketat

Rabu, 15 April 2020 : 17.05
Published by Hariankota

SUKOHARJO - Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukoharjo bersama Polres Sukoharjo melakukan pengawasan secara ketat terhadap eks narapidana (napi) yang mendapat pembebasan bersyarat ditengah penyebaran Covid-19.  

Informasi yang didapat hariankota.com, pengawasan dilakukan mengingat dalam situasi saat ini, bukan tidak mungkin di antara mereka yang baru saja bebas bersyarat itu akan kambuh melakukan kejahatan lagi.

Hal itu dibenarkan Kajari Sukoharjo Tatang Agus Volleyantono, bahwa setelah mendapat surat tembusan tentang napi yang dibebaskan untuk mencegah meluasnya wabah korona, pihaknya bersama polisi melakukan pengawasan di lapangan.

“Ya,tapi jumlah persisnya saya tidak hafal, ada belasan narapidana yang bebas bersyarat,” kata Kajari, Rabu (15/4/2020).
Terpisah, Kasat Reskrim Polres Sukoharjo AKP Nanung Nugroho mengatakan, eks napi yang bebas bersyarat tersebut berasal dari beberapa lembaga pemasyarakatan (Lapas).

“Rata - rata dari kasus pidana umum, jumlahnya ada 14 orang. Mereka bebas bersyarat sejak sepekan lalu karena adanya pandemi Covid-19,” jelasnya.

Selain Satuan Reskrim, menurut Nanung, pengawasan juga melibatkan Satuan Intel untuk monitoring pergerakan para eks napi ditengah masyarakat setelah bebas bersyarat.

"Harapannya, setelah bebas bersyarat para eks napi tersebut tidak melakukan tindak pidana agar tidak meresahkan masyarakat," pungkasnya.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi


Share this Article :