Rekomendasi

Antisipasi Arus Balik, Polres Sukoharjo Lakukan Penyekatan

Selasa, 26 Mei 2020 : 18.50
Published by Hariankota
SUKOHARJO -  Jajaran Polres Sukoharjo mulai memberlakukan penyekatan mengantisipasi pergerakan warga yang hendak melakukan perjalanan arus balik Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, khususnya tujuan DKI Jakarta.

Pantauan hariankota.com dilapangan, sejumlah anggota Polisi dan petugas dari dinas terkait, bersiaga di jalan raya perbatasan Sukoharjo - Wonogiri, tepatnya di Kecamatan Nguter. 

Mereka akan menghalau kendaraan yang bertujuan ke wilayah Jabodetabek atau wilayah lain yang saat ini sedang diberlakukan PSBB.

"Kami melakukan penyekatan di beberapa titik. Terkait itu, diharapkan tidak ada warga yang akan melakukan perjalanan ke Jakarta. Maka, salah satunya kami melakukan penyekatan di Nguter yang berbatasan dengan Wonogiri," ujar Kapolres Sukoharjo, AKBP Bambang Yugo Pamungkas, Selasa (26/5/2020).

Mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, Kapolres pun menghimbau dengan akan diterapkannya tatanan kehidupan baru atau new normal, kepada warga Sukoharjo diminta tetap mematuhi protokol kesehatan ketika beraktivitas diluar rumah.

"Mari kita sambut new normal dengan cara tetap mengikuti protokol kesehatan, terutama menggunakan masker saat keluar rumah," ujarnya.

Seperti diketahui, pemerintah secara bertahap akan mulai membuka sejumlah akses publik dengan berpedoman sesuai penanganan dan pencegahan Covid-19. Khusus yang akan bepergian dengan tujuan DKI Jakarta, aparat akan memeriksa kelengkapan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).

SIKM sendiri merupakan surat yang dikeluarkan dari Propinsi DKI Jakarta bagi warga yang hendak masuk ke wilayah Ibu Kota. Mereka harus memenuhi sejumlah persyaratan khusus, salah satunya keterangan negatif Covid-19 berdasarkan pemeriksaan tes Swab melalui Polymerase Chain Reaction (PCR).

Apabila warga tidak memiliki surat tersebut, polisi terpaksa akan meminta untuk memutar balik kendaraannya kembali menuju lokasi asalnya.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi


Share this Article :