Rekomendasi

Ditengah Pandemik Covid-19, Pemkab Lelang Dua Proyek

Kamis, 07 Mei 2020 : 19.26
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar, ditengah wabah virus corona (Covid-19) , melalui Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (DPU PR) tetap masih melaksanakan pembangunan infrastruktur tahun anggaran 2020. Memasuki pertengahan tahun 2020 ini, telah melakukan proses lelang terhadap dua pekerjaan.

Sekretaris DPU PR Karangayar, kepada hariankota.com, Kamis (07/05/2020) menyatakan, dua pekerjaan yang telah dilelang tersebut, masing-masing jalan Kebak-Simo  dengan pagu senilai Rp2,1 miliar, serta jalan Nglorok-Parangijo, Ngargoyoso dengan pagu senilai Rp1 miliar.

“ Sudah kita lelangkan. Pemenang lelang segera kita umumkan. Untuk sementara memang baru dua proyek ini yang kita lelang,” kata Darmanto.

Sedangkan untuk pembangunan infrastruktur yang berasal dari dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp19 miliar, seluruhnya ditarik oleh pemerintah pusat sebagai dampak pandemi Covid-19. 

Dijelaskannya, seharusnya anggaran yang berasal dari DAK tersebut, akan digunakan pembangunan jalan Jambangan –Pendem, Batu Jamus-Kerjo serta Bendo-Wolosari, Jumapolo.

“ Untuk tahun ini,karena wabah Covid-19, anggaran pembangunan yang berasal dari DAK, sepenuhnya ditarik pemerintah pusat,” ujarnya.

Disisi lain, masih dilakukannya pekerjaan pembangunan infrastruktur  itengah masih mwabahnya Covid-19, mendapat kritikan dari masyarakat. Masih berlangsungnya pembangunan dinilai  sangat tidak tepat.

“ Saya pikir kurang tepat. Saat ini, hampir di seluruh daerah, sedang konsentrasi mengatasi penyebaran Covid-19. Sebaiknya anggaran tersebut dimanfaatkan untuk masyarakat terdampak dan percepatan penanggulangan  Covid-19,” ujar Kiswadi Agus, koordinator Sekber LSM Karanganyar, melalui telepon selularnya, Kamis (07/05/2020).

Reporter: Iwan Iswanda
Penulis: Iwan Iswanda
Editor: Gunadi



Share this Article :