Rekomendasi

Jadi Garda Depan Penanganan Covid-19, Polisi Dapat Bantuan APD

Kamis, 14 Mei 2020 : 20.40
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Untuk membantu pencegahan dan penanganan wabah virus korona (Covid-19), Polres Sukoharjo mendapat bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dari anggota Komisi III DPR RI Eva Yuliana, dari Fraksi NasDem.

Pantauan hariankota.com, bantuan sebanyak 150 set APD tersebut diserahkan langsung kepada Kapolres Sukoharjo, AKBP Bambang Yugo Pamungkas di Pos Pam Terpadu bundaran Patung Pandawa, Solo Baru, Grogol, Sukoharjo, Kamis (14/5/2020).

Bambang mengatakan, APD sangat dibutuhkan ditengah merebaknya wabah saat ini. Belakangan, pihaknya juga mengalihfungsikan Barak Dalmas untuk sementara waktu sebagai Rumah Sehat bagi pasien sehat positif Covid-19 atau OTG (Orang Tanpa Gejala).

“Bantuan APD ini tentunya sangat berguna sekali bagi kami. Utamanya akan kami bagikan ke Rumah Sehat (Barak Dalmas), juga ke tiga pos terpadu, yakni pos disini (Solo Baru), terminal Sukoharjo Kota, dan Kartasura," kata Kapolres

Penggunaan APD bagi anggota polisi disebutkan Bambang sangat diperlukan, terutama saat menangani perkara dilokasi kejadian yang mewajibkan mengunakan protokol sesuai prosedur standar kesehatan.

"Kemudian, APD juga dipakai saat melakukan operasi penyekatan lalu lintas maupun kegiatan kepolisian lainnya yang memerlukan prosedur penanganan Covid-19," imbuhnya.

Pada kesempatan ini Eva Yuliana berharap, pemberian APD ini bisa memudahkan dan melindungi kesehatan petugas saat melayani warga dari penyebaran virus COVID 19.

"Harapan saya, ini bisa didistribusikan dengan baik kepada seluruh Bhabinkamtibmas di Sukoharjo, termasuk untuk Barak Dalmas yang sementara dirubah fungsinya untuk penanganan pasien OTG korona," ujarnya.

Ditegaskan Eva, sumber dana pengadaan bantuan 150 set APD bukan berasal dari anggaran pemerintah, baik pusat maupun daerah. Namun murni swadaya dari kantong pribadinya.

"Lewat Polres Sukoharjo inilah, karena saya anggota Komisi III maka prioritas (bantuan APD) yang menjadi perhatian adalah mitra saya, yaitu Polri. Karena Polri adalah instrumen garda terdepan penanganan Covid-19," pungkasnya.


Jurnalistik : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :