Rekomendasi

Jelang Lebaran, Beredar Kurma Jamuran dan Sosis Kadaluwarsa di Sukoharjo

Senin, 18 Mei 2020 : 17.46
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Mendekati Lebaran, tim gabungan pengawasan peredaran barang dan jasa Kabupaten Sukoharjo menemukan sejumlah produk pangan tak memenuhi ketentuan kelayakan keamanan kesehatan dijual bebas.

Produk pangan tak layak tersebut ditemukan saat tim gabungan terdiri Disdagkop UKM, Dinkes, Dispertan dan Polres Sukoharjo melakukan inspesi mendadak (Sidak) di retail, dan toko modern, Senin (18/5/2020).

"Ada kurma jamuran, sosis sapi kadaluwarsa, kaleng minuman rusak, gula aren tidak ada ijin edar, kemasan daging beku rusak, dan P.IRT kadaluwarsa," kata Kepala Disdagkop UKM Sukoharjo kepada hariankota.com.

Produk pangan tak memenuhi keamanan kesehatan itu ditemukan di tiga lokasi, yakni Swalayan Luwes Gentan Baki, Hartono Mall Solo Baru, dan Swalayan Mitra Sukoharjo Kota.

"Atas temuan itu, tim dilapangan sudah merekomendasikan agar kemasan barang yang rusak direturn, P.IRT atau ijin edar sudah habis agar diperbaharui, dan termasuk kemasan daging beku juga harus diperbarui," terangnya.

Lebih jauh Sutarmo meminta ditengah situasi pandemi Covid-19 masyarakat cerdas dalam membeli makanan. Selain memeriksa ulang kemasan dan batas kadaluwarsa, cek pula kelayakan makanan.

“Biasanya menjelang lebaran permintaan tinggi. Kondisi ini bisa saja dimanfaatkan penjual untuk mengelabui calon pembeli. ” pungkasnya.


Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :