Rekomendasi

Ketua Organda Karanganyar: Ini Musibah Yang Harus Diterima Dengan Jiwa Besar

Minggu, 03 Mei 2020 : 19.54
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Tahun 2020 ini, merupakan masa yang cukup sulit bagi pemilik angkutan, baik antar kota dalam provinsi (AKDP) maupun angkutan kota antar provinsi (AKAP), maupun angkutan penumpang lainnya.

Pada saat menjelang lebaran, merupakan masa panen, namun tahun ini, para pemilik angkutan, dengan terpaksa menghentikan operasional seluruh armadanya. Akibatnya, para personil dan kru angkutan, harus dirumahkan.

Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Karanganyar, Tri Haryadi, kepada hariankota.com, Minggu (03/05/2020) mengungkapkan, pandemik virus corona (Covid-19) memberikan dampak yang cukup besar bagi seluruh aspek kehidupan masyarakat. 

Salah satu yang terdampak cukup berat adalah usaha transportasi. Seluruh pemilik angkutan, jelas Tri Haryadi, menghentikan seluruh operasional armadanya.

“ Mau gimana lagi. Ini musibah yang harus diterima dengan jiwa besar.Bagi pengusaha  transportasi, terpaksa harus menghentikan operasional seluruh armadanya. Akibatnya, seleuruh personil atau kru angkutan, harus kita rumahkan. Karena dampak penyebaran Covid-19 ini sangat luas,” jelasnya.

Disisi lain, bagi para personil kru angkutan yang dirumahkan, Kepolisian Republik Indonesia, memberikan bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp600.000 per bulan selama 3 bulan ke depan. Hanya saja, Tri Haryadi menuturkan, tidak seluruh kru angkutan terakomodir, karena kuota yang terbatas.

“ Yang bisa dipikirkan oleh pemerintah saat ini adalah para kru atau personil bus. Karena mereka terpaksa harus dirumahkan, dalam jangka waktu tertentu, pemerintah memberikan bantuan untuk biaya hidup.Kita berharap, pendemik ini segera berahir dan aktifitas angkutan dapat kembali normal,” oungkasnya.

Yang patut disyukuri, Tri Haryadi, menambahkan, para pengusaha angkutan juga mendapatkan stimulus berupa keringan membayar angsuran kredit dari perbankan serta keringan dalam hal pembayaran pajak.

Reporter: Iwan Iswanda
Penulis: Iwan Iswanda
Editor: Gunadi


Share this Article :