Rekomendasi

Masih Korona, Lomba Media Pembelajaran Nasional Antar Mahasiswa Ditutup Via Video Conference

Sabtu, 02 Mei 2020 : 20.09
Published by Hariankota

SUKOHARJO - Ditengah pandemi Covid-19 yang mengharuskan mahasiswa tetap di rumah dan menjalani perkuliahan daring, acara penutupan Lomba Media Pembelajaran Nasional oleh FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara (UVBN) Sukoharjo juga terimbas digelar via video conference.

Tidak ada hinggar - bingar tepuk tangan dalam satu ruangan, saat panitia mengumumkan pemenang lomba yang diikuti 113 kelompok mahasiswa dari 21 perguruan tinggi negeri dan swasta se Indonesia ini.

Sesuatu hal yang harus dimaklumi ditengah wabah virus korona jika seremoni digelar tak seperti biasanya. Baik peserta, dewan juri, panitia, hingga rektor UVBN Ali Mursyid yang memberi sambutan, masing - masing hadir secara online.

"Lomba ini sebenarnya merupakan program kerja kegiatan tahunan. Kali ini sudah memasuki tahun ke enam," kata Dekan FKIP UVBN Toni Harsan kepada hariankota.com usai acara, Sabtu (2/5/2020).

Materi lomba terdiri tiga kategori, disebutkan Toni menyesuaikan dengan perkembangan jaman saat ini, yakni keseluruhan karya peserta wajib mengunakan teknologi digital.

"Sesuai dengan kebijakan negara yang dicanangkan Mendikbud Nadiem Makarim tentang merdeka belajar, maka tema lomba juga ikut menyesuaikan, yakni inovasi media pembelajaran berbasis multimedia menuju merdeka belajar," jelas Toni.

Ketua panitia lomba, Dewi Kusumaningsih menjelaskan, tiga kategori lomba yang dibuat dengan konsep nasional ini harus diikuti peserta dalam bentuk grup. Yaitu, game pembelajaran, video pembelajaran dan media pembelajaran digital.    

"Sejak pendaftaran dibuka awal Maret hingga ditutup akhir April, tak terduga setelah dipublikasikan secara daring melalui berbagai media sosial, peminat lomba ternyata cukup banyak," ungkapnya.

Menurut Dewi, peserta terbanyak datang dari Sumatera Selatan, yaitu Universitas PGRI Palembang dengan jumlah 30 kelompok. Masing - masing kelompok terdiri 2-3 mahasiswa.

"Untuk hadiah berupa uang pembinaan dibagi 6 kategori juara, yaitu 1,2,3, dan harapan 1,2,3. Total hadiah lomba yang sekaligus juga kegiatan memperingati hari pendidikan nasional ini Rp 10 juta," sebut Dewi.

Adapun hasil akhir lomba, sebagai juara 1 kategori video pembelajaran adalah peserta dari Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo, juara 1 kategori media pembelajaran digital dari Universitas Negeri Surabaya, dan juara 1 kategori game pembelajaran adalah mahasiswa dari UVBN Sukoharjo.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Rahayuwati


Share this Article :