Rekomendasi

Masih Pandemi, Warga Diminta Salat Idulfitri Dirumah Saja

Sabtu, 16 Mei 2020 : 19.02
Published by Hariankota
SOLO - Tak hanya MUI, Kementerian Agama (Kemenag) RI juga mengeluarkan imbauan kepada masyarakat agar salat Idulfitri 1441 H tahun ini dilaksanakan dari rumah masing - masing.

Informasi yang didapat hariankota.com, himbauan disampaikan dalam surat pengantar kepada seluruh kantor cabang Kemenag di Indonesia. Hal itu dilakukan untuk mencegah penularan virus korona (Covid-19).

“Melalui surat itu, kegiatan peribadatan di rumah saja diperpanjang sampai tanggal 29 Mei, maka Salat Idulfiri juga diadakan di rumah,” terang Kepala Kantor Kemenag Solo, Musta’in Ahmad, Sabtu (16/5/2020).

Agar himbauan dipatuhi, Musta'in mengaku sudah melakukan sosialisasi kepada pihak - pihak terkait, diantaranya pengurus masjid, tokoh masyarakat, Pemkot Solo, dan pihak keamanan.

"Pelaksanaan salat Idulfitri di rumah di tengah pandemi Covid-19 tidak dilarang secara agama. Semua takmir masjid diharapkan bisa mematuhi imbauan ini untuk mencegah penularan wabah sesuai aturan pemerintah pusat,” tegasnya.

Perpanjangan kegiatan ibadah di rumah juga berlaku pada peribadatan non Islam seperti kebaktian, ibadah misa pada Sabtu dan Minggu, dan Sembahyang Puja Santi.

“Dalam hal ini kami akan menginformasikan kembali pada masyarakat terkait pelaksanaan kegiatan keagamaan jika ada perubahan aturan baru dari Kemenag RI,” imbuhnya.

Seperti diketahui, selain menghimbau meliburkan kegiatan salat berjamaah, seperti salat Jum'at, dan salat Tarawih, Kemenag juga meminta masyarakat tidak menggelar sahur bersama, buka bersama, tadarus bersama majelis taklim, itikaf.

"Termasuk takbir keliling juga dihimbau untuk dilakukan di rumah saja," pungkasnya.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Sapto Nugroho



Share this Article :