Rekomendasi

Mulai Rabu Esok Pemkab Karanganyar Gelontor Sembako Senilai Rp 18 Miliar

Senin, 18 Mei 2020 : 20.19
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Setelah melalui koordinasi dengan DPRD setempat, dijadwalkan mulai Rabu (20/5/2020) Pemkab Karanganyar akan cairkan bantuan sembako senilai Rp18 miliar.

Bantuan itu digelontorkan dalam rangka program Jaring Pengaman Sosial JPS penanganan dampak dari wabah virus Covid 19.

Adapun jumlah total program bantuan di Karanganyar sekitar Rp203 miliar yang dialokasikan terbagi pada tiga program yakni pos penanganan kesehatan, JPS dan pos ekonomi warga terdampak virus Covid 19.

Ketua DPRD Karanganyar Bagus Selo mengatakan khusus untuk pos dua yakni JPS berupa bantuan sembako gratis secepatnya direalisasikan sebelum lebaran Iedul Fitri tahun ini.

"Kami sudah koordinasi bahwa Rabu ini (20/5/2020) start  awal bantuan sembako dicairkan maka saat ini tim pemkab selaku pelaksana teknis sudah segera bergerak" tandasnya Bagus Selo pada hariankota.com, Senin (18/5/2020)

Menurut Bagus Selo tentunya karena jumlahnya banyak bantuan itu disalurkan secara bertahap tapi dengan tempo cepat targetnya hingga lebaran selesai.

Sebab,lanjutnya, secara manusiawi hari - hari lebaran merupakan puncak meningkatnya kebutuhan termasuk sembako, sehingga pemerintah sudah mengantisipasi.

"Mestinya ya begitu pemkab sudah memikirkan waktunya" tambahnya.

Dengan demikian lanjut Bagus Selo tentu saja tahap pendataan sudah aman guna menghindari terjadinya salah sasaran.

Sementara itu Ketua Sekber Sekretaris Bersama Karanganyar Kiswadi Agus mendesak Pemkab dan DPRD Karanganyar transparan terhadap penyaluran bantuan tersebut mengingat posisi rakyat saat ini boleh dikara benar-benar lapar sehingga jangan dipermainkan.

"Tolong database siapa yang berhak menerima bantuan sembako harus fix jangan sampai yang kaya dapat sembako sedang yang miskin tidak dapat" tegasnya.

Untuk itu Sekber Karanganyar yang terdiri dari 22 LSM akan terjun kebawah turut mengawasi.

Terpisah Sekda Karanganyar Sutarno pada acara audiensi tentang sembako dengan Di Gedung DPRD setempat mingggu lalu menyatakan bahwa  Pemkab serius dan tidak main-main dalam bantuan Covid karena sangat mendasar menyangkut kebutuhan riil rakyat yakni pangan dan kesehatan.

"Tim teknis pemkab dalam hal ini termasuk Dinas Sosial dan dinas terkait sudah bekerja lakukan perumusan teknis"ujarnya pada wartawan.



Reporter: Beny Suryono
Penulis: Beny Suryono
Editor: Gunadi

Foto: Ayosemarang

Share this Article :