Rekomendasi

Sambut New Normal, Bandara Adi Soemarmo Masih Berbenah

Rabu, 27 Mei 2020 : 17.13
Published by Hariankota
BOYOLALI - Bakal diberlakukannya tatanan kehidupan baru ditengah pandemi korona (Covid-19) atau new normal, otoritas Bandara Adi Soemarmo Boyolali, saat ini melakukan berbagai persiapan dengan melakukan berbagai pembenahan.

Diantara persiapan tersebut, yakni berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), maskapai penerbangan hingga sosialisasi kepada masyarakat yang akan menggunakan jasa penerbangan.

“Kemarin kami sudah meninjau kesiapan bandara bersama Direktur Navigasi Penerbangan dari Kemenhub, dan GM AirNav Solo. Kami  sudah melihat pelaksanannya untuk mengantisipasi apabila new normal diberlakukan di Bandara Adi Soemarmo," terang Danlanud Adi Soemarmo, Kolonel Pnb Adrian P. Damanik kepada kepada hariankota.com, Rabu (27/5/2020).

Menurutnya, saat ini masih dalam rangka persiapan lantaran masih banyak yang perlu dibenahi dan disinkronkan dengan beberapa stakeholder, mulai Kemenhub, maskapai penerbangan, dan termasuk KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan -red).

Disebutkan Adrian, untuk kondisi penerbangan saat ini bisa dikatakan belum full normal. Hal ini dikarenakan adanya sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi bagi calon penumpang.

“Kemarin sebenarnya, ada 60 penumpang yang telah membeli tiket, namun hanya 16 penumpang yang dapat berangkat. Karena Jakarta meminta calon penumpang harus memenuhi syarat lolos tes Covid-19 menggunakan PCR (Polymerase Chain Reaction), bukan rapid test," ungkapnya.

Terpisah Humas PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo, Danar Dewi mengatakan, pada prinsipnya Bandara Adi Soemarmo selama pandemi korona tidak pernah tutup. Kebijakan operasional pesawat sepenuhnya berada di masing - masing maskapai

"Kalau soal operasional atau tidaknya pesawat, bukan kewenangan Bandara. Itu kewenangan penuh dari pihak maskapai sendiri,"terang Danar.

Menyinggung persiapan new normal, ia menyatakan, bandara telah siap mendukung sesuai dengan surat edaran gugus tugas nomer 4 tahun 2020 yang menyebutkan, untuk penumpang yang akan melakukan penerbangan harus terlebih dahulu memenuhi persyaratan berpergian.

"Salah satunya ya surat keterangan negatif Covid-19. Adapun petugas yang melaksanakan pemeriksaan adalah dari KKP. Mereka setiap hari standby di bandara untuk melakukan pemeriksaan dan cek dokumentasi,"terangnya.

Nantinya jika ada calon penumpang yang belum melengkapi surat keterangan negatif Covid-19, maka dari KKP akan memberikan penjelasan dan pengarahan.

"Calon penumpang akan diminta untuk melengkapi terlebih dahulu secara mandiri dengan dirujuk ke rumah sakit atau klinik yang bisa melakukan tes swab melalui PCR,"pungkasnya.


Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :