Rekomendasi

Tanpa Ujian, Seluruh Siswa SD dan SMP, Dinyatakan Lulus

Kamis, 07 Mei 2020 : 19.03
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Seluruh siswa kelas VI Sekolah Dasar (SD) dan siswa Kelas XI Sekolah Menengah Pertama (SMP), tanpa harus mengikuti ujian nasional (UN) langsung dinyatakan lulus.  

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar, Tarsa, ketika dihubungi hariankota.com, melalui telepon selularnya, Kamis (07/05/2020) menyatakan, salah satu pertimbangan dikeluarkannya kebijakan tersebut, mengingat sampai saat ini, virus corona (Covid-19) belum dapat dikendalikan.

“ Saat ini kan Covid-19 masih belum bisa dikendalika. Untuk itu, kita menegambil kebijakan, siswa kelas VI SD dan siswa kelas XI, langsung dinyatakan lulus, dengan melihat hasil nilai rapor,” katanya.

Menurut Tarsa, siswa yang dinyatakan lulus ini,akan diumumkan secara resmi pada tanggal 5 Juni 2020 mendatang, dan disampaikan kepada orang tua melalui kantor pos.

“ Hasil resminya akan kita sampaikan melalui kantor pos atau melalui online untuk mengurangi kerumunan di sekolah,  “ terangnya.

Sedangkan untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB), Tarsa menyatakan,  masih tetap menerapkan sistem zona. 

Dijelaskannya,  zona A merupakan siswa sekitar sekolah, satu  RW dan satu desa,  zona B, siswa yang berasal dari satu kecamatan, sedangkan  zona C siswa dari satu kabupaten, zona  prestasi yang bisa antar kabupaten,  serta  zona afirmasi sebesar 20 % untuk zona anak miskin di sekitar sekolah sebesar 20 %, .

“ Untuk PPDB, kita tetap menerapkan sistem zonasi. Untuk zona afirmasi sendiri, kita terapkan untuk mengaomodasi siswa yang berasal dari keluarga miskin yang dekat dengan lingkungan sekolah,” tandasnya.

Reporter: Iwan Iswanda
Penulis: Iwan Iswanda
Editor: Rahayuwati



Share this Article :