Rekomendasi

Urung Geruduk Pemkab Sukoharjo dan DPRD Sukoharjo, Massa Buruh Tyfountex Disekat Polisi

Senin, 18 Mei 2020 : 17.50
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Seribuan buruh PT Tyfountex Indonesia urung menggelar unjuk rasa di Kantor Bupati Sukoharjo dan DPRD Sukoharjo lantaran tak diijinkan polisi untuk mencegah kerumunan ditengah wabah korona (Covid-19), Senin (18/5/2020).

Pantauan hariankota.com, massa buruh yang sudah berkumpul didepan pabrik di Desa Gumpang, Kartasura, Sukoharjo disekat polisi agar tak melakukan konvoi sepeda motor menuju kantor Pemkab Sukoharjo dan DPRD Sukoharjo.

Setelah bernegosiasi, akhirnya hanya 50 orang yang diijinkan berangkat untuk audensi dengan diangkut menggunakan truk Dalmas Polres Sukoharjo yang langsung dikawal Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas.

Sekretaris Kesatuan Serikat Pekerja Nasional (KSPN) PT Tyfountex Indonesia, Sumarno usai beraudensi di DPRD Sukoharjo mengatakan, saat ini beban hidup ribuan karyawan terasa berat karena menjelang Lebaran, gaji belum dibayarkan.

"Kami terpaksa menggelar aksi ke Pemkab dan DPRD. Namun, karena situasi pandemi virus korona, akhirnya hanya perwakilan saja yang datang. Sedangkan lainnya menunggu di depan pabrik," katanya.

Ia berharap DPRD Sukoharjo dapat segera memperjuangkan hak-hak buruh karena selama ini manajemen pabrik selalu mengingkari janji. Dalam setahun terakhir, penyampaian gaji selalu mundur dari tanggal yang sudah ditetapkan.

"Puncaknya gaji bulan April sama sekali belum dibayar. Saat ini kami semua bingung karena sudah mendekati hari raya tapi gaji dan THR belum dibayarkan," ujarnya.

Menanggapi aduan itu, Ketua DPRD Sukoharjo, Wawan Pribadi menyampaikan, pada prinsipnya apa yang menjadi aspirasi para buruh  pekerja PT Tyfountex sudah diterima dan akan diperjuangkan.

"DPRD akan bersinergi dengan eksekutif dalam hal ini apa yang sudah disepakati bersama Bupati. Tentunya, setelah ini dinas terkait akan melakukan langkah memfasilitasi pertemuan Tripartit ,” pungkasnya.


Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :