Rekomendasi

Awas..! Jumlah Pendaftar PPDB SMA & SMK Di Karanganyar Nyaris Lampaui Kuota

Kamis, 18 Juni 2020 : 00.34
Published by Hariankota
KARANGANYAR-Memasuki hari pertama Penerimaan Peserta Didik Baru PPDB untuk SMA di Kabupaten Karanganyar terjadi pergerakan cepat.

Tercatat sebanyak 776 orang yang sudah mendaftar PPDB online di hari pertama pendaftaran Rabu ( 17/06/2020). Sementara jumlah kuota siswa SMA di Karanganyar tahun ajaran 2020-2021 ini hanya 3.084 orang.

Jumlah kuota untuk siswa SMA di Karanganyar itu lebih kecil dibandingkan jumlah kuota untuk siswa SMK sebanyak 4.130 orang atau selisih sebanyak 1.047 orang.

Pantauan Harian Kota di Posko PPDB online untuk Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Jateng di Kabupaten Karanganyar diketahui jumlah pendaftar sangat cepat sehingga diperkirakan jumlah pendaftar mulai hari kedua terus bertambah.

Bahkan tidak tertutup kemungkinan sebelum jadwal pendaftaran ditutup pada 25 Juni jumlah pendaftar siswa SMA di Karanganyar jauh  melebihi kuota.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Jateng Eris Yunianto menjelaskan saat ini karena sistem online maka jumlah pendaftar terus alami peningkatan baik untuk SMA ataupun SMK di Karanganyar.

Hanya saja untuk sistem digital PPDB siswa SMK belum bisa terpantau petugas posko PPDB.

"Tugas kami lakukan pengawasan jika terjadi kendala teknis namun sampai sekarang mulus" ungkapnya.

Meski begitu lanjut Eris pada prinsipnya Posko PPDB online yang di ada di Karanganyar status siaga  bersiap mengatasi jika ada masalah.

"Karena amanat UU  bahwa warga negara berhak atas kelangsungan maka itu yang menjadi prinsip pelayanan kami dalam PPDB ini"  tegasnya.

Diketahui hingga pukul 16.00 WIB jumlah pendaftar PPDB untuk SMA se Jateng bergerak sebanyak 26.931 orang. Untuk SMK belum diketahui.

Sementara jumlah siswa SMP, MTS dan SMP Terbuka tahun ajaran 2019-2020 yang lulus Ujian Nasional UN sebanyak 492.339 orang yang tersebar di 4.783  SMP yang ada di Jateng. Adapun siswa yang tidak lulus UN sebanyak 1.133 siswa.

Kini kuota untuk SMAN dan SMKN di Jateng tahun ajaran 2020-2021 hanya sebanyak 208.215 orang alias separo dari jumlah siswa SMP yang lulus UN.

Tak pelak perebutan dan persaingan mencari SMAN dan SMKN akan seru karena timpang antara jumlah kursi yang tersedia dengan jumlah yang akan berebut kursi.


Reporter: Benny Suryono
Penulis: Benny Suryono
Editor: Rahayuwati

Share this Article :