Rekomendasi

Bupati Karanganyar Perjuangkan Izin Acara Hajatan Agar Bisa Dibuka Kembali

Rabu, 10 Juni 2020 : 21.20
Published by Hariankota
KARANGANYAR-Bupati Karanganyar Juliyatmono mengaku sedih dan dilematis menerima aspirasi warganya yang menghendaki agar izin acara hajatan bisa dibuka kembali seiring melemahnya masa pandemi Covid 19 ini.

Apalagi masyarakat Karanganyar mengetahui bahwa daerahnya aman masuk kategori zona hijau serta akan diberlakukannya new normal.

"Jujur saja saya dilematis antara kasihan terhadap keinginan rakyat yang sudah lama menahan acara hajatan. Tapi juga bingung dan khawatir karena berkait izin dari Kepolisian serta waspada wabah Covid 19" ujarnya pada Rakor Gugus Covid Di Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Rabu (10/06/2020).

Untuk itu Bupati tengah mencari rumusan guna mencari celah agar sektor acara hajatan bisa dibuka kembali, tentunya dengan syarat ketat protokol kesehatan.

Sebab acara hajatan itu sangat mendasar sebagai salah satu pintu utama tergeraknya ekonomi riil karena melibatkan sangat banyak variabelnya. Yakni mulai jasa sewa gedung, jasa sewa kursi jasa sewa sound system, jasa rias salon, jasa event organizer, katering dan sektor logistik lainnya.

"Ekonomi kawasan akan berputar berdampak luas jika acara hajatan diizinkan sehingga kami benar-benar pikirkan tentang ini"  tandasnya.

Bahkan bupati sempat pikirkan andaikata acara hajatan dilakukan dengan format standing party tanpa kursi, kira-kira efeknya bagaimana dan sebagainya.
"Kalau standing party tentu juga tidak sepenuhnya pas bagi kultur jawa maka kami terus berpikir" ungkapnya.

Sementara itu Kapolres Karanganyar AKBP Leganek pada forum yang sama menyatakan berdasar intruksi Kapolri untuk saat ini memang belum bisa memberikan izin acara hajatan yang lebih dari 30 orang.

"Ya kami mohon maaf karena untuk saat ini diluar ketentuan tersebut tidak diizinkan" tandasnya.

Menanggapi kondisi dilematis itu, Wakil Ketua PKB Tony Hatmoko meminta warga untuk bersabar dulu agar wabah Covid berlalu. "Nanti jika sudah benar-benar dinyatakan aman dari Covid 19 mungkin segera dibuka kembali izin acara hajatan" katanya.

Reporter: Benny Suryono
Penulis: Benny Suryono
Editor: Kadek Arya Wiguna


Share this Article :