Rekomendasi

Cegah Penularan Covid-19, Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Ditiadakan

Senin, 01 Juni 2020 : 17.32
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kabupaten Sukoharjo tahun ini tidak seperti biasanya. Tidak ada upacara dihalaman Kantor Setda, hanya sang saka Merah Putih yang berkibar menjulang dipuncak tiang bendera, Senin (1/6/2020).

Tahun ini upacara bendera sengaja ditiadakan guna menghindari berkumpulnya orang pada satu lokasi. Sesuai protokol kesehatan hal itu dilakukan untuk mencegah penularan virus korona (Covid-19).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo, Darno membenarkan ihwal peniadaan upacara itu. Hal ini menginggat Sukoharjo dalam status Kejadian Luar Biasa (KLB) korona, dan siswa masih melaksanakan kegiatan belajar dari rumah.

Selain itu juga ada instruksi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang meminta agar ada kegiatan alternatif pengganti yang dibuat secara kreatif.

Namun dalam hal pelaksanaan kegiatan pengganti tersebut, Disdikbud Sukoharjo dikatakan Darno, tidak mendapat petunjuk pelaksanaan (juklak) lebih lanjut.

"Tidak ada juklaknya mas. Secara tertulis (surat) tidak kami terima," kata Darno singkat kepada hariankota.com melalui pesan Whatsapp. 

Seperti diketahui, Kemendikbud meminta kepada seluruh instansi pemerintah pusat dan daerah tidak mengadakan kegiatan fisik untuk memperingati Hari Lahir Pancasila pada tahun ini. Tidak boleh ada kegiatan yang melibatkan banyak massa.

Ada tujuh poin yang ditekankan melalui surat yang berisi intruksi dengan tanda tangan Sekjen Kemendikbud Ainun Na`im, No. 46930/A.A7/TU/2020, yakni :

Pertama, peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini dilaksanakan lewat media elektronik, video conference atau dalam jaringan (online).

Kedua, Kementerian, lembaga serta instansi pemerintah pusat serta daerah dan kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri wajib mengikuti pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo pada 1 Juni di kediaman masing-masing.

Ketiga, setiap kantor instansi pusat dan daerah serta kantor perwakilan Indonesia di luar negeri dan seluruh masyarakat Indonesia mengibarkan bendera Merah Putih pada 1 Juni.

Keempat menyebutkan, tema peringatan Hari Lahir Pancasila 2020 adalah Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju. Mengenai logo, bisa diunduh di laman www.kemdikbud.go.id.

Keenam, yakni tentang larangan lembaga negara di tingkat pusat dan daerah menghelat acara peringatan Hari Lahir Pancasila dengan kegiatan fisik.

Ketujuh atau terakhir, acara peringatan Hari Lahir Pancasila bisa diganti dengan kegiatan lain dengan kreatif. Berisi tentang upaya menjaga serta membangkitkan kecintaan terhadap aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah pandemi Covid-19.


Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :