Rekomendasi

Dampak Korona, Pengangguran Baru di Sukoharjo Bertambah 5.170 Orang

Selasa, 09 Juni 2020 : 17.29
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Sebanyak 5.170 karyawan dari berbagai bidang perusahaan di Sukoharjo terdampak wabah korona (Covid-19). Mereka tercatat menjadi pengangguran baru lantaran terkena PHK dan dirumahkan.

Dari jumlah tersebut rinciannya, sebanyak 1.133 orang terkena PHK, dan 4.037 orang dirumahkan. Mereka berasal dari 24 perusahaan berbagai bidang.

"Ini data terbaru yang masuk pada Senin (8/6/2020) kemarin," kata Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dispernaker) Sukoharjo, Suharno saat dikonfirmasi hariankota.com, Selasa (9/6/2020).

Menurutnya, dari 24 perusahaan yang terdampak Covid-19 tersebut antara lain perusahaan garmen, furniture, klinik kesehatan, perhotelan, dan beberapa lainnya.

"Untuk karyawan yang dirumahkan, seperti dari perhotelan menerima upah antara 25% hingga 50% tergantung kesepakatan antara karyawan dan perusahaan," tuturnya.

Mengantisipasi agar tak terjadi persoalan, Suharno mengatakan, pihaknya telah mendirikan posko pengaduan karyawan yang terkena PHK dan dirumahkan.

"Mereka kami arahkan untuk mengikuti program kartu prakerja. Hingga gelombang tiga ini, peserta yang lolos untuk kartu prakerja sudah mencapai 1.381 orang. Mereka sebagian besar sudah mengikuti pelatihan,” ungkapnya.

Untuk pendaftaran program kartu prakerja, disebutkan dibuka setiap minggu sekali. Untuk pendaftaran sendiri dilakukan secara online dan selanjutnya bagi yang dinyatakan lolos akan mendapatkan pelatihan sesuai bidangnya masing-masing.

Tak hanya program kartu prakerja, beberapa waktu lalu Bupati Sukoharjo juga turut membantu ribuan karyawan PT Tyvountex Indonesia yang berunjuk rasa menuntut pembayaran gaji selama dirumahkan, dan pesangon PHK.

"Bupati memberikan bantuan sembako kepada karyawan PT Tyfountex sebanyak 3.359 orang. Bantuan diambilkan dari program Jaring Pengaman Sosial (JPS),"pungkasnya. 


Jurnalis : SaptoEditor : Mahardika

Share this Article :