Rekomendasi

Dibedah Anggota TNI, Rumah Mbah Mariyam Jadi Megah

Jumat, 19 Juni 2020 : 17.35
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Senyum lebar dan wajah sumringah terpancar dari raut muka Mbah Mariyam (70). Rumah reyot yang selama ini  ia tempati bersama dua anaknya, kini tampak megah setelah selesai dibedah. Mereka sekarang bisa tidur nyaman dan hidup sehat.

Rumah dengan dinding baru warna dominan hijau yang berada di RT 01/RW 03 Dukuh Kedung Gudel, Kenep, Sukoharjo itu dikerjakan dengan gotong royong anggota Kodim 0726/Sukoharjo didukung Korem 074/ Surakarta dengan dibantu sejumlah relawan serta donatur.

"Awal bedah rumah mulai 2 Juni lalu, dan dipercepat pengerjaannya dalam waktu 17 hari. Mbah Mariyam ini seorang janda yang harus merawat dua anak dewasa penyandang disabilitas dimana salah satunya lumpuh," kata Dandim 0726/ Sukoharjo Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakosa kepada hariankota.com disela penyerahan rumah, Jumat (19/6/2020).

Disebutkan, untuk membedah rumah Mbah Mariyam setidaknya telah menghabiskan biaya sebesar Rp126 juta. Anggaran itu dalam laporan disampaikan berasal dari berbagai donatur yang peduli dengan kondisi Mbah Mariyam.

"Bedah rumah ini berawal pada waktu penyerahan bantuan sembako secara door to door untuk warga kurang mampu yang terdampak Covid-19 April lalu. Salah satu penerima bantuan adalah Mbah Mariyam. Saat itulah diketahui ternyata rumahnya masuk kategori tidak layak huni," ungkap Dandim.

Dengan dukungan Korem 074, termasuk dari Pemkab Sukoharjo, Kodim 0726 kemudian memutuskan untuk memberikan bantuan lebih lanjut dengan melakukan bedah rumah sekaligus melaksanakan program Karya Bakti TNI 2020.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya yang juga hadir dalam acara penyerahan rumah menyampaikan apresiasinya. Ia berharap program bedah rumah yang dilakukan Kodim dapat membantu masyarakat kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan tempat tinggal yang layak huni.

“Pemkab Sukoharjo sendiri selama ini sudah ada program rehab RTLH tiap tahun dengan anggaran sekitar Rp.15 juta per rumah. Saat ini masih sekitar 13 ribu RTLH yang ada di Sukoharjo,” pungkas Bupati.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Mahardika


Share this Article :