Rekomendasi

Ekspektasi BKD Karanganyar Menata Ulang Anggaran Pasca Pelonggaran Covid

Jumat, 19 Juni 2020 : 05.30
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Badan Keuangan Daerah BKD Kabupaten Karanganyar berharap pemerintah pusat bisa mengizinkan permohonan perubahan anggaran yang diajukan  Bupati Juliyatmono.

Pasalnya masih banyak Pekerjaan Rumah PR anggaran yang harus ditata ulang untuk kelangsungan pembangunan daerah.

Penataan anggaran itu meliputi anggaran refokusing seiring status Karanganyar yang berada di zona kuning dan sudah terapkan new normal.

Kepala Badan Keuangan Daerah BKD Karanganyar Kurniadi mengatakan anggaran refokusing yang dialokasikan sebesar Rp247 miliar itu akan ditata ulang karena hingga Juni ini baru terserap sekitar Rp24 miliar neraca berjalan.

Adapun selebihnya sekitar Rp223 miliar akan ditata ulang baik dikembalikan ke pos masing-masing anggaran yang berada di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah OPD sehingga progra-program kerja OPD bisa berjalan sesuai rencana sebelum terjadi wabah Covid 19.

Selain itu sisa anggaran bisa diiptimalkan untuk program prioritas terkait new normal. Sebab program new normal itu sendiri juga butuh dukungan anggaran.

"Kalau harapan kami jika izin perubahan anggaran maka BKD bisa memiliki ruang gerak untuk menata ulang anggaran pasca wabah Covid" tandasnya.

Dijelaskan Kurniadi anggaran sebesar Rp24 miliar itu terserap pada program sebagai berikut yakni sembako Rp18 miliar, program BPBD tiga sessi hampir Rp4 miliar dan Rp4 miliar sektor kesehatan namun baru terserap sekitar 10% .

"Ya gambarannya seperti itu sisanya yang Rp223 miliar kita tata lagi" ujarnya.

Diakui Kurniadi wabah Covid 19 memang mengganggu stabilitas pos anggaran karena harus ada pemangkasan dan pengalihan anggaran di berbagai OPD.

Meski begitu lanjut Kurniadi OPD mestinya tetap jalan terus tanpa harus menunggu perubahan anggaran sebab tidak semua  OPD yang terkena pengalihan anggaran Covid 19. "Masing-masing OPD kan memiliki anggaran sehingga diharapkan tetap berjalan" ungkapnya.



Reporter: Benny Suryono
Penulis: Benny Suryono
Editor: Mahardika

Share this Article :