Rekomendasi

Gelar SKPP Daring Ditengah Covid-19, Bawaslu Sukoharjo Luluskan 30 Peserta

Rabu, 03 Juni 2020 : 21.37
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Sebanyak 30 peserta dari 42 yang mengembalikan formulir pendaftaran, dinyatakan lulus Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Daring (dalam jaringan) yang digelar Bawaslu Sukoharjo.

"Mereka dinyatakan lulus setelah mengikuti pembelajaran audio visual secara online," terang Ketua Bawaslu Sukoharjo, Bambang Muryanto saat dihubungi hariankota.com, Rabu (3/6/2020).

Melalui SKPP Daring yang diselenggarakan ditengah pandemi korona (Covid-19) ini, Bawaslu berupaya menyediakan fasilitas yang baik dan optimal bagi masyarakat untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan melakukan pengawasan partisipatif.

"Tujuan penyelenggaraan SKPP Daring adalah untuk meningkatkan pengawasan partisipatif pemilu dan pilkada oleh masyarakat," tegas Bambang.

Mengingat materi SKKP disampaikan secara online, maka kepada masing - masing peserta yang lulus disebutkan akan diberi ganti pembelian pulsa sebesar Rp 25 ribu untuk setiap sesinya.

"Awalnya ada 50 peserta dari Sukoharjo yang memenuhi syarat jadi peserta, namun dalam perjalanannya berkurang. Hanya 42 yang melakukan daftar ulang," tuturnya.
Ada 10 materi dengan berbagai tema dalam SKKP Daring yang wajib diikuti peserta. 

Tema sejarah pemilu, tahapan pemilu, pengawasan pemilu, kerawanan pemilu, penyelesaian sengketa, penanganan pelanggaran, kehumasan, pemantauan dan lainnya.

"Akhir sesi pembelajaran audia visual sudah selesai pada 1 Juni lalu. Sedangkan untuk 30 peserta yang dinyatakan lulus akan mendapat sertifikat, dan selanjutnya mengikuti diskusi online pada 10 Juni mendatang," pungkas Bambang.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi


Share this Article :