Rekomendasi

Hari Anti Narkotika, Batman dan Supergirl Kirim Sego Berkat Buat Tahanan Kasus Narkoba

Jumat, 26 Juni 2020 : 19.17
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Berkostum Batman dan Supergirl, sepasang suami - istri penyuluh Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Sukoharjo, peringati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) di Mapolres Sukoharjo, Jum'at (26/6/2020).

Agus Widanarko (Danar) - Vivit Sari nama pasangan ini, datang disertai puluhan relawan pemuda lainnya dengan membawa bronjong berisi kuliner tradisional "sego berkat' (nasi berkah-Red) yang berciri khas dibungkus daun pohon Jati sebanyak 100 bungkus.    

Kejutan berupa sego berkat tersebut ditujukan untuk polisi khususnya yang bertugas di Satuan Narkoba dan tahanan kasus narkoba yang saat ini masih mendekam di sel Mapolres Sukoharjo.

"Pemberian sego berkat kami lakukan sebagai bentuk keprihatinan dan juga kepedulian pada generasi bangsa. Momen ini kami manfaatkan untuk terus saling mengingatkan akan bahaya Narkoba," kata Danar yang juga Koordinator P4GN Sukoharjo kepada hariankota.com.

Dipilihnya sego berkat kata Danar, karena saat ini sedang populer dan banyak diburu para penikmat kuliner tradisional. Sego berkat kerap disajikan saat hajatan oleh masyarakat Jawa di desa - desa, seperti di daerah Wonogiri dan Pacitan.

"Karena namanya unik, yakni nasi berkah, maka kami berharap nasi khas dengan bungkus daun Jati ini juga akan membawa berkah bagi polisi agar tak patah semangat, dan bagi para tahanan agar tak kembali kambuh mengkonsumsi narkoba," terangnya.

Dijelaskan, sego berkat selain nasi sebagai menu utama, juga berisi lauk pauk, seperti oseng -oseng lombok ijo, rendang daging sapi, kecambah mentah, dan serundeng. Biasanya disajikan saat hajatan sebagai ungkapan berbagi kebahagian.

"Jika biasanya setelah pulang dari hajatan orang yang datang mendapat souvenir berupa pernak-pernik, kalau masyarakat Jawa yang masih memegang tradisi menyediakan sego berkat ini sebagai souvenirnya," tutur Danar.

Menanggapi kejutan ini, Kabag Ops Polres Sukoharjo Kompol Teguh Prasetyo didampingi Kasat Narkoba Polres Sukoharjo AKP Agus Syamsudin, mewakili Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya.

"Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan dari relawan dan penggiat anti narkoba Sukoharjo ini. Dalam memberantas narkoba, Polisi tidak bisa sendiri, oleh karenanya butuh dukungan seperti dari teman - teman ini," pungkas Kabag Ops.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi

Share this Article :