Rekomendasi

Jelang Iduladha, Dispertan Sukoharjo Gencar Cek Kesehatan Hewan

Kamis, 25 Juni 2020 : 18.54
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Jelang Hari Raya Iduladha 1441 Hijriah, Pemkab Sukoharjo melalui Dinas Pertanian dan Perikanan (Dispertan) gencar melakukan monitoring kesehatan hewan-hewan kurban di sejumlah lokasi peternak.

“Sudah beberapa hari, kami melakukan pengecekan kesehatan dan kelayakan hewan yang akan disembelih pada Iduladha nanti,” kata Leni Sri Lestari, Kepala UPTD Rumah Potong dan Kesehatan Hewan Dispertan Sukoharjo, Kamis (25/6/2020).

Kepada hariankota.com ia menjelaskan, dalam pengecekan kesehatan kali ini, tim Dispertan dibagi enam kelompok terdiri para dokter dan petugas. 

Mereka memastikan kesehatan gigi, hidung, mata dan bobot hewan ternak yang wajar.

“Kami juga menyuntikkan vaksin dan vitamin melalui mulut untuk mencegah penyakit. Sehingga pada saat disembelih nanti, hewan-hewan dalam kondisi sehat dan dagingnya layak konsumsi,” terangnya.

Dari hasil pengecekan tersebut, Leni menyatakan kesehatan hewan - hewan yang diperiksa secara umum kondisinya baik, meskipun juga ada temuan satu - dua yang sakit.

"Kami sudah memeriksa di dua (wilayah) kecamatan, ada yang demam dan sudah kami beri obat, terus ini tadi ada yang sakit kulit. Jadi tidak ada penyakit yang serius," ujarnya.

Tak hanya berhenti disini, setelah pemeriksaan di kandang peternak,  nanti sekira H-2 jelang Iduladha, tim Dispertan akan kembali turun ke tempat -tempat penjualan hewan kurban dan masjid.

"Jika nanti ada hewan kurban yang sudah dilokasi masjid diketahui sakit, maka kami akan meminta kepada takmir masjid untuk menukar dengan hewan yang sehat," tandasnya.

Sementara, Paidi salah satu pemilik ternak mengaku selama pandemi Covid-19 ini, ia melakukan pemeliharaan hewan lebih intens. Baik asupan maupun fokus pada peningkatan bobot tubuh.

“Saya selalu berkoordinasi dengan Dispertan. Hanya saja untuk tahun ini karena ada Covid-19 pembeli ternak berkurang. Pembeli ternak saya biasanya hanya dari wilayah sekitar Sukoharjo saja, seperti Solo," ungkapnya.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi

Share this Article :