Rekomendasi

Lagi! Aksi Jemput Paksa Jenazah Covid-19 di Makassar, 3 Orang Diamankan

Jumat, 12 Juni 2020 : 15.30
Published by Hariankota
JAKARTA - Aksi pengambilan paksa jenazah pasien Covid-19 kembali terjadi di Rumah Sakit Dadi Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), pada 10 Juni 2020 malam. Kali ini niat dari massa itu berhasil digagalkan oleh petugas.

"Ada kejadian terbaru, tadi malam di Rumah Sakit Dadi masyarakat sekitar 30 orang juga ingin menjemput paksa," kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Ibrahim Tompo saat dikonfirmasi, Jakarta, Kamis (11/6/2020).

Pada kejadian itu, Ibrahim menjelaskan bahwa petugas memberikan pemahaman bahwa bahayanya menjemput pasien yang memiliki status penyakit positif Covid-19.

Meskipun begitu, kata Ibrahim, pihaknya mengamankan tiga orang untuk dilakukan pemeriksaan lanjut. Namun, hingga saat ini, mereka yang diciduk masih sebagai saksi.

"Berhasil dicegah dan diberikan pemahaman. Tiga orang diamankan di Polrestabes Makassar," ujar Ibrahim.

Sebelumnya, sebanyak 33 orang diperiksa polisi buntut dari aksi penjemputan paksa jenazah pasien corona di Sulawesi Selatan. Sepuluh di antaranya resmi jadi tersangka.

Aksi yang mereka bukan saja melanggar hukum, tapi juga sangat berbahaya karena berisiko tertular Covid-19 dan menularkannya ke orang lain.

Untuk mencegah penularan itu, Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan pun menggelar rapid test terhadap para pelaku. Dari pemeriksaan itu didapati lima orang reaktif corona.

Reporter: Melly Puspita
Penulis: Melly Puspita
Editor: Kadek Arya Wiguna

Share this Article :