Rekomendasi

Lagi, Bupati Karanganyar Buat Keputusan Kontroversial, Kali Ini Gagas Wacana Pengurangan Jam Kerja ASN

Rabu, 03 Juni 2020 : 15.30
Published by Hariankota
KARANGANYAR-Terkait program New Normal Bupati Karanganyar Juliyatmono tengah menggagas tentang pengurangan jam kerja bagi Aparatur Sipil Negara ASN di lingkungan pemkab setempat.

Pasalnya sistem kerja baru di era new normal tetap mengacu pada pencegahan Covid 19 yakni pentingnya format Physical Distancing sehingga tidak mungkin semua ASN masuk full dengan jarak dekat sesuai tata ruang yang ada.

Selain itu tidak mungkin pula sistem kerja ASN terus masuk bergilir seperti selama Covid ini karena tuntutan standar pelayanan prima walau dalam musim Covid.

Untuk itu pemkab serius mencari rumusan format baru sistem  kerja ASN Karanganyar agar sinergi dengan program Physical Distancing dalam rangka pencegahan wabah Covid 19.

" Aturan dari MenPAN terkait new normal kan fleksibel yang mana kita yang di daerah mencari rumusan sendiri termasuk membuat format pengurangan jam kerja ASN dari 9 jam normal kerja menjadi 7.5 jam kerja" tandasnya.

Namun meski diterapkan pengurangan jam kerja pelayanan harus tetap full 9 jam, sehingga dipikirkan pula soft ware nya. Yakni apakah memakai sistem aplikasi agar ASN tetap bisa bekerja ataupun sistem manual yakni berupa alst tulis kantor berbasis kertas sehingga ASN bisa merampungkan pekerjaan sisa jam kerja di rumah.

"Lha inilah yang sedang dirumuskan perlu tidaknya pengurangan jam ASN apalagi secara sosial kemanusiaan kita juga harus pikirkan bagi keluarga yang bapak ibunya sebagai ASN sementara anaknya terlantar ditengah wabah Covid ini" ujarnya.

Untuk itu Bupati menegaskan bahwa semua ini sedang mencari rumusan format. Namun yang pasti mulai Senin ASN se Karanganyar masuk full dan sementara format masuk bergilir ditiadakan sambil menunggu aturan baru.

Reporter: Benny Suryono
Penulis: Benny Suryono
Editor: Kadek Arya Wiguna

Share this Article :