Rekomendasi

Mulai Terapkan New Normal, Stasiun Balapan Solo Masih Lengang

Jumat, 12 Juni 2020 : 17.13
Published by Hariankota
SOLO - Mengacu Surat Edaran (SE) Gugus Tugas Percepatan Penangganan Covid-19 No 7 Tahun 2020, PT Kereta Api Indonesia (KAI)  DAOP 6 Yogyakarta mengoperasionalkan kembali perjalanan Kereta Api (KA) reguler jarak jauh dan KA lokal Prameks di Stasiun Balapan Solo.

Sesuai SE tersebut, operasional perjalanan kereta api berpedoman pada protokol kesehatan tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (new normal) Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19
Informasi yang didapat hariankota.com, operasional perjalanan KA dengan prosedur new normal ini mulai diberlakukan hari ini, Jum'at (12/6/2020). 

Namun begitu suasana di stasiun ikonik Kota Solo ini masih lengang. Tak seperti dalam kondisi normal sebelumnya yang selalu ramai. Kali ini terpantau hampir tak ada antrian calon penumpang di depan loket penjualan tiket.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto menyampaikan, operasional dibuka kembali setelah sejak wabah Covid-19 melanda, pihaknya terpaksa melakukan pembatalan seluruh perjalanan KA reguler termasuk perjalanan KA lokal Prameks.

"Teknis operasional merujuk SE Ditjenka Kemenhub No 14 Tahun 2020 Tanggal 8 Juni 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran Covid-19," kata Eko.

Untuk tahap awal, Stasiun Balapan membuka loket untuk perjalanan dari dan menuju Kiaracondong, Cirebon, Purwokerto, Yogyakarta, Madiun, Surabaya Gubeng, Jember, Ketapang, dan tujuan lainnya sesuai jadwal perjalanan KA Reguler yang beroperasi.

"Mulai hari ini (Jum'at) beberapa KA reguler dan KA lokal Prameks (Solo-Jogya) kembali beroperasi. Untuk Prameks ada penambahan frekuensi perjalanan, dan akan dievaluasi mengikuti perkembangan," pungkas Eko. 


Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi


Share this Article :