Rekomendasi

Sasar 500 Warga, Dharma Pertiwi Koorcab Surakarta Daerah D Gelar Rapid Test Gratis

Kamis, 04 Juni 2020 : 18.25
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Sebanyak 500 warga dari Solo Raya mengikuti rapid test virus korona (Covid-19) yang digelar serentak di sejumlah titik oleh Dharma Pertiwi Koorcab Surakarta Daerah D, dan Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja.

Dengan menerapkan protokol kesehatan physical distancing, kegiatan rapid test massal yang digelar gratis ini juga dibarengi dengan pembagian vitamin sebanyak 2.000.

"Ini serentak di tiga wilayah, Sukoharjo 200, Sragen 200 dan Boyolali 100," terang Ketua Dharma Pertiwi Koorcab Surakarta Daerah D, Lisa Rafael Granada Baay kepada hariankota.com disela pelaksanaan rapid test di Balai Desa Singopuran, Kartasura, Sukoharjo, Kamis (4/6/2020).

Ratusan warga peserta rapid test disebutkan berasal dari perwakilan setiap kelurahan/desa yang ada di masing-masing kecamatan wilayah Korem 074/ Warastratama Surakarta.

"Prioritasnya (yang di rapid test) adalah warga yang kemungkinan memiliki gejala atau sakit," sebut Lisa.

Mereka, sebelumnya didata oleh masing-masing Babinsa dari setiap wilayah tugas. Jika dalam rapid test ada warga yang reaktif, maka akan langsung mendapatkan penanganan lebih lanjut oleh dinas kesehatan terkait.

"Kalau ada yang positif terpapar korona, segera ditindaklanjuti dengan swab test. Nantinya pihak Dinas Kesehatan yang akan menindaklanjuti," jelas Lisa yang didampingi Ketua Pia Ardya Garini Lanud Adi Soemarmo, Lia Damanik.

Seperti diketahui, tujuan rapid test massal adalah untuk mencegah penyebaran Covid-19 khususnya di Solo Raya, dimana hingga kini Sukoharjo menjadi pemegang rekor angka temuan kasus positip terbanyak.

"Oleh karenanya, dengan rapid test massal ini diharapkan bisa memutus mata rantai penularan Covid-19," pungkasnya.


Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :