Rekomendasi

Satgas Pamtas Yonif 413/Bremoro Dilepas Menuju Perbatasan RI-PNG

Sabtu, 27 Juni 2020 : 20.14
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Sebanyak 450 pasukan Satgas Pamtas Yonif MR 413/ Bermoro diberangkatkan untuk menjaga perbatasan RI-Papua Nugini (PNG) diwilayah perbatasan Provinsi Papua sektor utara.

Pelepasan pasukan penjaga perbatasan RI-PNG yang akan disebar di dua kabupaten, Jayapura dan Keerom terdiri 17 pos ini, digelar di Markas Brigif Mekanis 413/ Bremoro, Palur, Mojolaban,  Sukoharjo, Sabtu (27/6/2020) sore.

Mereka dijadwalkan akan berangkat dari Pelabuhan Tanjung Mas Semarang menggunakan KRI Teluk Hading nomor lambung 538 milik TNI AL pada, Minggu (28/6/2020) subuh dinihari.

Komandan Kodim 0726/Sukoharjo Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakosa, bertindak selaku Inspektur upacara mengatakan, salah satu kebanggaan yang dimiliki prajurit adalah tugas operasi, karena tugas adalah kehormatan.

"Saya berharap kalian berangkat dengan penuh kehormatan dan pulang dengan Suatu Kebanggaan," pesan Dandim.

Sedangkan Mayor Inf Anggun Wuryanto selaku Komandan Batalyon mengucapkan terimakasih atas atensi dan support Forkopimda Sukoharjo sehingga dapat menyempatkan untuk melepas pasukan yang berada di wilayahnya.

"Kami kesana tidak membawa kendaraan tempur. Hanya senjata masing - masing personal saja," kata Anggun menjawab pertanyaan hariankota.com.

Sebelum berangkat melaksanakan tugas, seluruh pasukan disebutkan Anggun telah menjalani sejumlah latihan dan pemeriksaan kesehatan, termasuk rapid test yang merupakan prosedur penerapan protokol kesehatan dimasa pendemi Covid-19.

"Jika semuanya lancar, perjalanan dengan kapal laut akan ditempuh selama sekira 15 hari. Dan perkiraan akan sampai Papua pada tanggal 15 Juli 2020 mendatang," imbuhnya.

Sementara Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya yang hadir bersama sejumlah pejabat Forkopimda lainnya menyampaikan harapannya, agar selama mengemban tugas negara, seluruh pasukan tidak mengalami kendala apapun.

"Harapan saya semua selamat, dan besuk kalau sudah selesai,  pulang juga selamat," pungkas Bupati.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis; Sapto Nugroho
Editor; Gunadi


Share this Article :