Rekomendasi

Satu Pedagang Positif Covid-19, Gugus Tugas Sukoharjo Tak Menutup Aktivitas Pasar

Senin, 08 Juni 2020 : 16.43
Published by Hariankota
SUKOHARJO- Satu pedagang pasar tradisional di wilayah Kecamatan Bekonang, Sukoharjo dinyatakan positif terpapar virus korona (Covid-19) berdasarkan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) setelah sebelumnya dilakukan pemeriksaan swab.

Dari temuan satu kasus tersebut, oleh Gugus Tugas Covid-19 Sukoharjo langsung ditindaklanjuti dengan penyemprotan disinfektan di pasar tempat pedagang tersebut berjualan, yakni Pasar Bekonang, dan satu pasar tradisonal lainnya, Pasar Winong.

"Kami juga melakukan rapid test massal lanjutan dengan menyasar 172 orang di dua pasar tersebut, hasilnya Alhamdulillah semua non reaktif," kata Wakil Jubir Covid-19 Sukoharjo, Bejo Raharjo kepada hariankota.com, Senin (8/6/2020).

Dari hasil rapid test massal itu, Bejo pun menjelaskan, tidak ada penutupan aktivitas di dua pasar yang diketahui selama ini menjadi lokasi berjualan warga yang positif tersebut.

“Pedagang pasar yang positif ini merupakan warga Polokarto. Ia sebelumnya diketahui reaktif setelah mengikuti rapid test massal yang dilakukan di pasar tradisional beberapa waktu lalu,” jelasnya.

Dituturkan Bejo, pedagang pasar tersebut berjenis kelamin laki-laki dengan usia 41 tahun. Selama ini yang bersangkutan bersama istrinya merupakan sama - sama pedagang pasar. Namun istrinya non reaktif.

"Untuk saat ini, orang tersebut sudah menjalani karantina mandiri dengan terus kami pantau perkembangannya. Kebetulan rumahnya dua lantai, sehingga memungkinkan untuk karantina mandiri dirumah, dilantai atas," imbuh Bejo.

Menurut Bejo, hingga kini sebaran kasus positif Covid-19 di Sukoharjo, total positif sebanyak 75 orang dengan rincian, 6 dirawat, 15 isolasi di rumah sehat, 11 isolasi mandiri, 4 meninggal, dan yang telah sembuh 39.

"Dari 12 kecamatan yang ada, sebaran kasus positif korona terdapat di delapan kecamatan. Untuk kecamatan sisanya sudah masuk zona kuning dan hijau menuju new normal," pungkasnya.


Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :