Rekomendasi

Siasati Pandemi, UNS Gelar Wisuda Berkonsep Drive Thru

Sabtu, 27 Juni 2020 : 17.40
Published by Hariankota
SOLO - Tak seperti tahun - tahun sebelumnya, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus korona (Covid-19) yang masih tinggi, prosesi wisuda Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tak dilaksanakan di Auditorium GPH Haryo Mataram dan tidak dihadiri seluruh peserta wisuda.

Menghindari potensi kerumunan, tahun ini wisuda digelar dengan cara Luring dan Daring secara drive thru, mengikuti prosedur protokol kesehatan dengan hanya menghadirkan 15 orang wisudawan dan wisudawati berasal dari Kota Solo, mewakili total 329 orang peserta wisuda.

Pantauan hariankota.com, sebelum prosesi acara, para perwakilan peserta wisuda ini dijemput dari tempat transit menuju lokasi dengan menggunakan sejumlah moda transportasi ramah lingkungan.

Satu persatu, mereka yang masuk sebagai lulusan dengan predikat cumlaude ini, dijemput menggunakan becak, kereta kuda (Andong- Red ), sepeda kayuh, motor elektrik, hingga mobil elektrik.

Dari tempat transit di area parkir kawasan kampus, mereka langsung diminta naik moda transportasi ramah lingkungan yang sudah dipersiapkan oleh panitia. Satu moda transportasi membawa satu peserta wisuda.

Sedangkan orang tua dan para pengantar peserta wisuda diminta menunggu diluar dengan tetap menerapkan physical distancing serta wajib masker.

Bak karnaval kendaraan hias, pemandangan unik arak - arakan peserta wisuda ini tak urung menjadi tontonan menarik sejumlah keluarga dan orang tua peserta wisuda.

Setibanya di lobby ruang rektorat UNS, Rektor UNS Jamal Wiwoho dan Wakil Rektor langsung menyambut kedatangan para wisudawan.

"Wisuda periode III kali ini merupakan bentuk pengimplementasian physical distancing dan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Untuk itu wisuda kami gelar dengan cara Luring dan Daring dengan sentuhan kreatifitas unik berkonsep drive thru,”  terang Jamal, Sabtu (27/6/2020).

Dengan cara wisuda seperti ini, Rektor berharap, seluruh prosesi dan tata cara pelaksanaan dapat menjadi sebuah inspirasi para wisudawan untuk lebih maju.

“Saya masih percaya dan yakin bahwa dalam suasana pandemi ini, kalian memiliki kapasitas, kemampuan beradaptasi dan menciptakan lingkungan baru yang kondusif dan menyesuaikan diri dalam situasi apa pun, termasuk dalam menerapkan pola kehidupan yang baru untuk menghindari dampak buruk pandemi Covid-19 secara berkelanjutan,” ujarnya.

Dalam wisuda yang juga dihadiri Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam ) Mahfud MD secara daring ini,  peserta wisuda terdiri dari Program Doktor 8 orang,  Magister 60 orang , Pendidikan Dokter Spesialis 12 orang, Sarjana 229 orang, dan Diploma III 20 orang.

Sementara dari 329 wisudawan tersebut, 131 diantaranya menyandang predikat cumlaude.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi


Share this Article :