Rekomendasi

Stop Sebaran Covid-19, Bupati Sukoharjo dan Pejabat Jalani Rapid Test

Rabu, 17 Juni 2020 : 16.41
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Setelah menyasar masyarakat umum, Gugus Tugas Covid-19 Sukoharjo melakukan rapid test massal untuk jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), anggota DPRD, pejabat Pemkab Sukoharjo hingga Camat.

Pantauan hariankota.com, total ada 185 orang yang ikut di rapid test  termasuk Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya. Lokasinya di bagi dua tempat dalam waktu bersamaan, yakni di Menara Wijaya dan Loby Kantor Bupati, Rabu (17/6/2020).

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati menyampaikan, rapid test kali ini dilakukan dengan cara mengambil sampel darah vena untuk meminimalisir kesalahan diagnosa.


“Hasilnya memang sedikit lebih lama tapi tingkat akurasinya lebih mendekati karena bisa meminimalisir positif atau negatif palsu,” jelasnya.

Dari penyelenggaraan rapid test massal bagi pejabat ini, nantinya jika ditemukan hasil reaktif, petugas khusus tim swab langsung menindaklanjuti dengan mengambil sampel swab untuk polymerase chain reaction (PCR) test.

"Kami secara agresif terus melakukan rapid test korona. Termasuk saat ini terhadap 185 pejabat yang ada dilingkungan Pemkab Sukoharjo. Total rapid test sudah dilakukan pada 3.015 orang," ungkapnya.

Selain masyarakat umum ditempat keramaian, menurut Yunia, rapid test juga telah menyasar tenaga kesehatan, orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), dan orang tanpa gejala (OTG).

"setelah ini, kami juga mengagendakan akan melakukan rapid test pada anggota Tim Penggerak PKK Sukoharjo yang dijadwalkan akan berlangsung pada 18 Juni besok," imbuhnya.

Diketahui, hingga saat ini kasus positif Covid-19 di Sukoharjo secara akumulatif angkanya sudah menyentuh 78 kasus. Angka tersebut tersebar di 10 kecamatan dari total 12 kecamatan.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Aries Setiawan


Share this Article :