Rekomendasi

Tak Patuh Protokol Kesehatan, Disdagkop dan UKM Ancam Tutup Kembali Pasar Hewan

Minggu, 28 Juni 2020 : 18.40
Published by Hariankota
SUKOHARJO- Setelah sempat beberapa waktu dihentikan operasionalnya untuk mencegah penularan wabah virus korona (Covid-19), Pasar Hewan Bekonang, Mojolaban, Sukoharjo kembali dibuka.

Aturan ketat salah satunya pemeriksaan suhu badan, diberlakukan bagi seluruh pengunjung yang masuk kedalam pasar sesuai prosedur protokol kesehatan di masa transisi menjelang new normal.

Sekira 500 ekor sapi yang dibawa beberapa pedagang, dan keramaian calon pembeli terlihat kembali mewarnai pasar. Apalagi saat ini menjelang Hari Raya Iduladha, banyak pengunjung mencari hewan kurban.  

Namun begitu, berdasarkan pantauan petugas Satpol PP dan Dinas Perdagangan, Koperasi (Disdagkop) dan UKM Sukoharjo Bidang Pasar selaku leading sektor, rupanya belum semua pengunjung mematuhi prosedur protokol kesehatan.

"Sudah ramai pengunjung, ada sekira 700 orang. Tapi yang pakai masker baru sekira 70 persennya," terang Kepala Disdagkop dan UKM Sukoharjo, Sutarmo kepada hariankota.com, Minggu (28/6/2020).

Selain kepatuhan soal masker, Tarmo juga menyebut kesadaran untuk jaga jarak, atau physical distancing dan cuci tangan di dalam area pasar juga masih belum maksimal diterapkan.  

"Dalam pemantuan dimulainya kembali operasional pasar ini, kami menyampaikan himbauan dan memberi pemahaman kepada pedagang dan pengunjung pasar tentang pentingnya cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak," ujarnya.

Terhadap sejumlah pedagang dan pengunjung pasar yang kedapatan tidak memakai masker, atau ada yang memakai tapi sudah dalam kondisi tak layak,  oleh petugas langsung diberi masker baru agar segera dikenakan.  

"Kami sudah tekankan, wajib menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Kalau nggak disiplin (pasar) kami tutup lagi," tandas Tarmo.


Jurnalis : SaptoEditor : Mahardika

Share this Article :