Rekomendasi

Tiga Nelayan Hilang di Perairan Kepulauan Nias Ditemukan Selamat

Minggu, 21 Juni 2020 : 18.08
Published by Hariankota
NIAS SELATAN - Kapal Boat nelayan yang hilang Selasa 16 Juni 2020, disekitar Pulau Sumabawa, Kecamatan Toma, Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, akhirnya ditemukan oleh tim SAR, Kamis malam 18 Juni 2020. Satu nahkoda dan dua anak buah kapal (ABK) itu, ditemukan selamat.

Kepala Kantor SAR Kepulauan Nias, M Agus Wibisono dan Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor SAR Nias Benteng Telaumbanua menerangkan, pihaknya Rabu 17 Juni 2020, Pukul 14.50 WIB, menerima informasi dari Martawa Harita Kepala Desa Hilindaso Niha, Kecamatan Toma Nias Selatan, adanya kapal boat nelayan hilang Selasa 16 Juni 2020, sekitar Pukul 16.00 WIB, tepatnya di Pulau Sumabawa Nias Selatan.

"Mendapat informasi itu, kita bersama rim SAR melakukan pecarian. Hasil Operasi SAR, H.2 pada Kamis 18 Juni 2020, Pukul 21.00 WIB, tim SAR berhasil menemukan kapal boat nelayan disekitar Pulau Sumabawa Nias Selatan dan satu orang nahkoda dan dua ABK dalam keadaan selamat,"terang M Agus Wibisono kepada wartawan.

M Agus Wibisono menjelaskan, kapal boat nelayan itu kecelakaan dan mati mesin.

Mesin kapal berhasil dihidupkan dan setelah benar-benar yakin dengan dipandu oleh nelayan (keluarga korban), ketiga korban pulang ke Hilindaso Niha dan tiba pada Jumat dini hari 19 Juni 2020, Pukul 2.00 WIB, dalam keadaan aman dan selamat.

"Ketiga korban selamat adalah penduduk Desa Hilindaso Niha, Kecamatan Toma Nias Selatan, yakni Junisman Buulolo (43), Peterman Buulolo (33) dan Generasi Daeli (35). Ketiganya dievakuasi dan tiba di Desanya dalam keadaan aman dan selamat,"ungkap M Agus Wibisono.

Maka operasi pencarian selesai dan ditutup, pungkas M Agus Wibisono, seluruh unsur SAR, yaitu tim Rescue KPP Nias, Lanal Nias, Polres Nias Selatan, BPBD Nias Selatan dikembalikan ke Kesatuan masing-masing.

Tim SAR Nias berhasil temukan dan evakuasi nahkoda dan ABK kapal boat nelayan yang hilang dua hari di perairan kepulauan Nias.


Reporter: Sanusi Baco
Penulis: Sanusi Baco
Editor: Kadek Arya Wiguna
Share this Article :