Rekomendasi

Bupati Sukoharjo : Belum Zona Hijau, Jadwal Sekolah Ikut Pemerintah Pusat

Selasa, 07 Juli 2020 : 17.05
Published by Hariankota
SUKOHARJO- Masih tingginya angka positif Covid-19 di Sukoharjo membuat Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya belum memutuskan kapan dimulainya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tahun ajaran baru 2020 di sekolah.

"Kalau (KBM tahun ajaran baru) Dinas Pendidikan nanti mengikuti kebijakan pemerintah pusat, menyesuaikan protokol kesehatan," kata Bupati, Selasa (7/7/2020), menjawab pertanyaan hariankota.com tentang kapan siswa sekolah akan masuk kembali.

Jika mengacu kalender akademik, hari pertama KBM akan dimulai pada 13 Juli. Namun oleh bupati, hal itu belum bisa jadi acuan. Meski status Kejadian Luar Biasa (KLB) korona akan berakhir bulan ini, namun dimungkinkan akan diperpanjang.

“Keputusan kapan mulai masuk sekolah belum ada. Prinsipnya Sukoharjo menunggu kebijakan pemerintah pusat. Disamping itu, selama KLB belum dicabut KBM belum bisa dilaksanakan di sekolah," terang Wardoyo.

Menurut Bupati, pemerintah pusat hanya memperbolehkan KBM sekolah dengan tatap muka dilakukan di daerah yang sudah masuk zona hijau saja. Sedangkan Sukoharjo sendiri saat ini belum masuk zona hijau sehingga siswa masih belajar dari rumah.

"Keputusannya akan dibicarakan lebih lanjut dengan gugus tugas. Kami tidak ingin keputusan soal KBM hanya sepihak saja. Ini juga dalam rangka mencegah munculnya klaster baru jika keputusan KBM di sekolah dilakukan secara gegabah," tegasnya.  

Baik sekolah negeri maupun swasta, Bupati meminta untuk berkoordinasi dengan Dinas Pendidik dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo. Hal ini untuk mengantisipasi penularan korona dilingkungan sekolah jika siswa dipaksakan masuk sekolah.

"Jika dipaksakan justru muncul kasus baru karena pengawasan anak sekolah akan sulit dilakukan," tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Disdikbud Sukoharjo, Darno, bahwa soal jadwal kapan siswa masuk sekolah masih menunggu kebijakan lebih lanjut dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

"Kami terus melakukan persiapan tahun ajaran baru yang dimungkinkan masih menggunakan sistem online atau sistem dalam jaringan (daring). Sekolah tetap harus koordinasi tentang masalah ini karena saat ini masih KLB korona” pungkasnya.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi

Share this Article :