Rekomendasi

Cucu Pendiri NU Sempat Menderita Sakit Seminggu

Kamis, 02 Juli 2020 : 16.31
Published by Hariankota
JOMBANG - Cucu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH. Hasyim Asy'ari yakni KH. Ahmad Zaki Hadziq atau yang akrab disapa Gus Zaki, yang meninggal dunia pada Rabu malam kemarin disebut sudah menderita sakit sejak seminggu lalu.

"Abah sekitar seminggu yang lalu telah mengalami sakit, berupa suhu badannya yang sangat tinggi," ujar putra Gus Zaki, Robby Zidni Ilman Nafia, melalui keterangan tertulisnya pada Kamis (2/7/2020).

Ia menambahkan pada Selasa 30 Juni 2020 ayahnya sempat dibawa ke pusat kesehatan pesantren (Pukestren) akibat sakitnya yang tidak kunjung reda.

"Sekitar setelah isya Selasa malam, Abah dilarikan ke Pukestren dikarenakan trombositnya turun sangat rendah. Lalu saat trombosit beliau membaik dan merasa cukup baik, Abah meminta dirawat di rumah," terang Gus Robby.

Namun pada Rabu sore, suhu tubuh Gus Zaki kembali tinggi saat beristirahat di rumah. Akhirnya Gus Zaki dibawa ke Rumah Sakit Nahdatul Ulama (RSNU). Tetapi di RSNU ini kamarnya penuh pasien sehingga dirujuk ke RSUD Jombang.

"Selama di RSUD Jombang tersebut, Abah sudah tak sadarkan diri, lalu sehabis maghrib, Abah mengembuskan napas terakhirnya," pungkasnya.

Sebelumnya Gus Zaki dinyatakan meninggal dunia pada Rabu malam 1 Juli 2020 di usia 48 tahun. Sebelum meninggal dunia pria yang juga Pimpinan Wilayah Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) Nahdatul Ulama (NU) Jawa Timur, sempat menjalani perawatan di RS NU.

Namun karena peralatan medis kurang memadai, pada Rabu pagi Gus Zaki dirujuk ke RSUD Jombang. Di RSUD Jombang inilah Gus Zaki dilakukan dua kali rapid test, tes pertama dinyatakan non-reaktif, namun rapid test kedua yang dilakukan pada Rabu sore ternyata beliau reaktif. Beliau akhirnya dinyatakan meninggal dunia pada Rabu malam.


Reporter: Miadaada
Penulis: Miadaada
Editor: Gunadi

Share this Article :