Rekomendasi

Dua Kali PCR Swab Test Usai Bertemu Presiden Jokowi, Wakil Walikota Solo Positif Covid-19

Jumat, 24 Juli 2020 : 17.40
Published by Hariankota
SOLO - Kabar Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo positif terinfeksi virus korona (Covid-19) beredar dikalangan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Solo.

Informasi yang didapat hariankota.com, mantan rival Gibran Rakabuming Raka dalam kontestasi mendapatkan rekomendasi Pilkada sebagai bakal calon walikota ini, sekarang menjalani isolasi mandiri di kediaman pribadinya.

Saat dikonfirmasi awak media, Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo membenarkan kabar tersebut. Purnomo diketahui positif terpapar virus setelah dua kali menjalani PCR (Polymerase Chain Reaction) swab test.

"Hasil yang pertama memang masih abu-abu antara positif dan negatif. Tapi hasil tes kedua positif," kata Rudy, Jumat (24/7/2020).

Atas beredarnya kabar itu, Rudy mengimbau agar pejabat dan pegawai pemerintah dilingkungan Pemkot Solo yang pernah kontak dengan Purnomo untuk tidak panik.

Saat ini tengah dilakukan contact tracing dengan mendata orang-orang yang pernah kontak langsung dengan Purnomo untuk menjalani PCR swab test.

"Enggak usah takut, enggak boleh stres. Saya juga sama. Kemarin malah waktu rapat virtual dengan camat dan lurah se-Solo, saya duduk bersebelahan dengan Pak Purnomo," kata Rudy yang juga dijadwalkan menjalani PCR swab tes, Sabtu (25/7/2020) besuk.

Terpisah, Purnomo saat dihubungi menjelaskan, ia melakukan PCR swab test pertama pada Jum'at (17/7/2020) lalu, atau sehari setelah bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta.

Kala itu, Purnomo bertemu Jokowi sebelum DPP PDIP mengumumkan para bakal calon yang mendapat rekomendasi maju Pilkada, salah satunya Gibran yang mendapat rekomendasi sebagai calon Walikota Solo 2020.

Setelah tes pertama dengan hasil negatif, sehari kemudian, atau Sabtu (18/7/2020), Purnomo kembali melakukan PCR swab test atas arahan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Solo.

"Yang pertama itu negatif. Yang kedua kok katanya cenderung positif. Saya nggak berani cerita. Setelah dapat informasi itu saya langsung karantina mandiri. Saya merasa sehat sekali kok. Tidak ada keluhan, tapi enggak tahu. Ya supaya hati-hati saja," pungkasnya.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Jumali

Share this Article :