Rekomendasi

Lakukan Swab Test Mandiri, Wakil Walikota Solo Negatif Covid-19

Selasa, 28 Juli 2020 : 13.06
Published by Hariankota
SOLO - Kabar gembira, Wakil Walikota Solo, Achmad Purrnomo yang semula dinyatakan positif Covid-19, akhirnya berdasarkan hasil PCR (polymerase chain reaction ) Swab Test yang dilakukan secara mandiri dinyatakan negatif virus korona.

Informasi yang didapat hariankota.com, Selasa (28/7/2020), Purnomo yang merasa tubuhnya sehat tanpa gejala gangguan mengarah Covid-19, seperti demam, batuk, atau gejala lainnya dibuat penasaran dengan hasil dua kali tes sebelumnya.

Untuk menyakinkan, mantan rival Gibran dalam kontestasi meraih rekomendasi sebagai calon Walikota Solo dari PDIP ini, kemudian melakukan PCR Swab Test mandiri di Rumah Sakit (RS) Kasih Ibu Solo.

Pengambilan sampel tes dilakukan Purnomo pada 24 Juli lalu, atau sehari setelah hasil tes swab yang diambil 18 Juli oleh Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta keluar, dimana hasilnya positif terpapar Covid-19.

Hasil PCR Swab Test negatif Covid-19 dari RS Kasih Ibu ini, disebutkan setelah keluar langsung diantarkan ke kediaman pribadi Purnomo di jalan Bhayangkara, Solo, pada Senin (27/7/2020).

"Alhamdulillah hasilnya tidak terdeteksi virus (korona). Artinya kan negatif," kata Purnomo saat dikonfirmasi awak media, Senin (27/7/2020) malam.

Purnomo mengatakan tes swab mandiri tersebut merupakan yang ketiga kalinya. Swab pertama dan kedua sebagai diagnosis dilakukan DKK Solo, yakni pada 17-18 Juli 2020.

"Kemudian saya swab lagi tanggal 24 Juli 2020. Hasilnya baru saya dikirim ke rumah, saya buka ternyata negatif," ujar Purnomo.

Saat ini, meski telah dinyatakan negatif virus korona, Purnomo masih akan melakukan isolasi mandiri di kediamannya sekalyan beristirahat sampai genap 10 hari. Sesuai aturan Kemenkes terbaru, tanpa swab ulang pun, pasien tanpa gejala akan dinyatakan sembuh ketika melewati masa 10 hari.

"(Karantina mandiri) sekalian saya genapkan 10 hari. Jadi ini masih tetap istirahat dulu," pungkasnya.


Jurnalis : Sapto Nugroho
Editor : Mahardika


Share this Article :