Rekomendasi

Masih Pandemi, Penyerahan Sertifikat PTSL Digelar Dengan Undangan Terbatas

Senin, 20 Juli 2020 : 13.48
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Penyerahan sertifikat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Kabupaten Sukoharjo dilakukan secara simbolis dari Kantor Badan Pertanahan Negara (BPN) kepada Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya dengan pembatasan undangan di Loby Kantor Bupati, Senin (20/7/2020).

Pantauan hariankota.com, tidak seperti biasanya, dimana warga penerima sertifikat seluruhnya selalu diundang dalam satu tempat. Namun karena masih pandemi Covid-19, acara penyerahan dilakukan tanpa menghadirkan warga penerima sertifikat. Mereka diwakili 12 camat yang ada dii Sukoharjo.

"Program semacam (Proda-Red) ini sudah kami lakukan sejak 2010, jadi sudah lama. Sebelum ada program nawacita Presiden Jokowi, Sukoharjo sudah melaksanakan (PTSL) lebih dulu," kata Wardoyo disela acara penyerahan.

Setelah diterima para camat, sertifikat program PTSL dengan biaya dari anggaran APBD Tahun 2019 ini akan diteruskan distribusinya kepada para pemohon melalui kades dimasing - masing wilayah, yakni di 78 desa/kelurahan dari 12 kecamatan.

Ada sebanyak 1.623 sertifkikat yang telah terbit dan diserahkan secara simbolis dari Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya pada 12 camat di Loby Kantor Bupati, Senin (20/7/2020). Selanjutnya, camat akan meneruskan sertifikat tersebut pada kepala desa/lurah hingga sampai masyarakat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo, Bowo Sutopo Dwi Atmojo menyampaikan, jumlah keseluruhan yang diserahkan sebanyak 1.623 sertifikat.

"Biaya yang dianggarkan untuk PTSL 2019 ini sebesar Rp1,5 miliar dengan output 1.623 sertifikat dan 9.999 perbaikan data bidang tanah di Sukoharjo. Rinciannya terdiri 1.066 sertifikat tanah warga, 79 sertifikat tanah aset Pemkab, dan 478 sertifikat tanah aset pemerintah desa," pungkasnya.



Jurnalis : Sapto NugrohoEditor : Mahardika

Share this Article :